Tour d'Indonesia 2021 Digelar Akhir Agustus
by - May 08, 2021
Tour d'Indonesia 2021 Digelar Akhir Agustus
by MainSepeda - May 08, 2021

Selama setahun lebih event balap sepeda di Indonesia mengalami kevakuman. Tahun ini PB ISSI mencoba untuk membangkitkannya lagi. Apalagi mereka telah sukses menggelar Jogjakarta International BMX pada 10-11 April lalu.

Sekjen PB ISSI Parama Nugroho mengatakan, sampai sejauh ini event balap sepeda masih sesuai jadwal. Dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI), Tour d'Indonesia diadakan pada 23-28 Agustus 2021. Sedangkan Tour de Singkarak berlangsung 4-12 September.

"Semua tetap dalam agenda. Masih dalam proses tender. Soal izin dan sebagainya, nanti penyelenggara yang akan memaparkannya ke pemerintah. Dari federasi sendiri sudah menyiapkan panduan," ujar Parama.

Nantinya ada beberapa hal yang perlu penyesuaian. Berkaca dari penyelenggaraan Tour de France dan Giro d'Italia, Parama optimistis bisa menerapkan hal itu di Indonesia. Selain kedua event di atas, PB ISSI juga mempersiapkan kejuaraan nasional untuk disiplin road bike dan MTB pada Juni-Juli mendatang.

"Kalau lomba di jalan raya pastinya secara protokol jaga jarak. Pas balapan di jalan juga tidak ada yang santai. Mungkin saat start dan finis yang jadi masalah karena ada kerumunan disana. Untuk itu kami akan lakukan batasan, yakni tanpa penonton," terangnya.

PB ISSI terus berupaya agar kegiatan tahun ini tetap berjalan. Setelah 2020 lalu vakum karena pandemi, tahun ini mereka mulai mengadakan event untuk para atlet.

"Dari UCI sudah ada panduannya. Dari federasi juga sudah memaparkan kepada Kemepora secara spefisik. Kalau untuk pemerintah daerah itu prokes secara umum. Ditambah lagi dengan pengawasan dari satgas dan kemenkes," lanjut Parama.

Selain digelar tanpa penonton, mereka juga menggodok opsi untuk menggunakan sistem gelembung. Jadi, atlet maupun perangkat pertandingan akan dikarantina selama empat hari. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS