Evenepoel Hanya Ingin Bersenang-senang di Giro

Remco Evenepoel is back. Pembalap Belgia tersebut akan melaju lagi setelah sembilan bulan menepi. Evenepoel menjadi bagian dari tim Deceuninck-QuickStep yang akan berlaga di Giro d'Italia 2021 yang akan dimulai Sabtu (8/5) besok.

Evenepoel seharusnya tampil di Giro tahun lalu. Performa yang luar biasa sepanjang 2020 membuatnya menjadi unggulan pertama di balapan terakbar di Italia itu. Ia berpeluang besar untuk menduplikasi apa yang dilakukan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) di Tour de France 2020.

Namun nasib berkata lain. Evenepoel mengalami kecelakaan horor di Il Lombardia pada medio Agustus tahun lalu. Ia menabrak dinding batu dan jatuh ke jurang di turunan Muro di Sormano, sekitar 50 kilometer menjelang finis.

Setelah melalui serangkaian operasi dan proses pemulihan lainnya, Evenepoel kembali akhir pekan ini. Pemenang Tour de Pologne 2020 ini menghidupkan kembali mesin balapnya pada Sabtu nanti di Torino.

"Saya sudah lama tidak balapan. Saya hanya ingin menikmatinya dan bersenang-senang. Ini balapan pertama saya sejak terjatuh. Jadi saya tidak tahu bagaimana tubuh ini akan bereaksi," ucapnya seperti yang dilansir Velonews.

Ia datang ke Italia dengan persiapan matang. Evenepoel sudah menggelar latihan di ketinggian selama dua bulan terakhir. Dan ia merasa baik. Tentu saja Evenepoel sadar bahwa balapan berbeda dengan latihan. Yang terpenting adalah ia kembali bersama tim dan menjadi pembalap lagi.

"Saya tidak punya tekanan di sini," katanya. "Tujuan utama saya tahun ini adalah Olimpiade. Giro akan menjadi bagian dari jalan menuju Tokyo. Kami akan menerimanya hari demi hari."

Selain Evenepoel, line up Deceuninck-QuickStep akan diisi oleh Joao Almeida, Remi Cavagna, Mikkel Honore, Iljo Keisse, James Knox, Fausto Masnada, dan Pieter Serry. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS