Bernal dan Nibali Fit, Evenepoel Comeback, Sagan Incar Maglia Ciclamino

RCS Sport sebagai penyelenggara Giro d'Italia telah mengumumkan daftar pembalap yang akan mengambil bagian di lomba tahun ini. Pembalap top Egan Bernal (Ineos Grenadiers) dan Vincenzo Nibali (Trek-Segafredo) dipastikan tampil di Italia. Pun demikian dengan superstar Peter Sagan (Bora Hansgrohe).

Bernal sempat dirumorkan batal debut di Giro tahun ini. Masalah punggung menjadi penyebab utamanya. Tapi rumor ini ditepis oleh tim Ineos Grenadiers. Bernal sudah menjalani pemeriksaan terakhir di dokter spesialis di Monako dan siap tampil di Turin pada 8 Mei nanti.

Ineos Grenadiers mengirimkan tim super untuk menyukseskan ambisi Bernal menjadi yang terbaik. Ada Ivan Sosa, Dani Martinez, Pavel Sivakov, dan Jonathan Castroviejo juga akan tampil di Giro. Trio Italia Filippo Ganna, Gianni Moscon, dan Salvatore Puccio juga akan menjadi mesin turbo untuk Bernal.

Pembalap lain yang sempat diragukan tampil adalah Nibali. Ujung tombak tim Trek-Segafredo ini mengalami crash saat berlatih di dekat rumahnya di Lugano di Swiss. Nibali terjatuh hingga menyebabkan sejumlah jarinya patah. Nibali langsung dioperasi dan kini menjalani terapi untuk agar bisa tampil maksimal di Giro.

"Saya belum pernah melihat Vincenzo begitu bertekad dan sangat ingin bekerja keras. Kemungkinannya berada di Giro? Bagi saya itu 100 persen," kata Martino Donati kepada La Gazzetta dello Sport. Donati adalah fisioterapis yang merawat Nibali selama ini.

Jika dalam kondisi fit, Bernal dan Nibali adalah kandidat juara Giro tahun in. Selain itu ada Jai Hindley (Team DSM) yang menempati posisi kedua di Giro tahun lalu. Pembalap Inggris Hugh Carthy (EF Education-Nippo) juga harus diperhitungkan setelah finis ketiga di La Vuelta a Espana 2020. Tak ketinggalan ada Mikel Landa yang memimpin tim Bahrain-Victorious.

Peter Sagan saat memenangkan Etape 10 Giro d'Italia 2020

Bukan hanya bursa juara saja yang patut disimak. Persaingan para sprinter untuk memuncaki points classification juga tak kalah menarik. Ada Peter Sagan yang musim lalu dipaksa puas di peringkat kedua di bawah pembalap Prancis Arnaud Demare (Groupama-FDJ).

Sagan sangat berambisi meraih maglia ciclamino. Kansnya cukup terbuka. Apalagi Demare tak mentas di Giro tahun ini. Meski begitu, ia perlu mewaspadai sprinter lain seperti Caleb Ewan (Lotto Soudal), Elia Viviani (Cofidis), atau Giacomo Nizzolo (Qhubeka ASSOS).

Sementara itu, Giro tahun ini akan menandai kembalinya Remco Evenepoel. Pembalap muda Belgia ini mengalami kecelakaan horor di Il Lombardia 2020. Insiden ini membuatnya menepi dari balap sepeda selama berbulan-bulan. Evenepoel akan ditemani Joao Almeida yang finis keempat di Giro tahun lalu.

"Saya masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk persiapan menghadapi Giro. Pada akhirnya, saya senang karena bisa bersepeda lagi," bilang Evenepoel dalam sebuah posting video di media sosialnya pekan lalu. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 41

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images, Cor Vos


COMMENTS