Pinot Absen di Giro, Bernal Masih Tanda Tanya

Thibaut Pinot tidak akan turun di Giro d'Italia 2021. Pembalap asal Prancis itu harus absen karena menderita cedera punggung. Cedera itu terjadi saat Pinot mengalami kecelakaan di etape pembuka Tour de France tahun lalu. Dengan cedera yang belum kelar 100 persen, Pinot khawatir tak bisa maksimal di Giro.

Pembalap 30 tahun ini sudah ambil bagian dalam 14 Grand Tour sepanjang kariernya. Dua di antaranya adalah Giro. Prestasinya di balapan terakbar di Italia itu memang lumayan. Pinot memenangkan Etape 20 serta menduduki peringkat keempat di klasemen overall Giro 2017

Sayang harapannya untuk kembali ke Italia tahun ini harus pupus. Meskipun sangat fokus pada perawatan dan pemulihan cedera selama off season, Pinot masih mengalami sakit punggung. Balapan di Tour of the Alps 2021 menyadarkannya bahwa ia tidak akan bisa start di Giro seperti yang diharapkan.

"Ini bahkan bukan masalah bentuk, tapi rasa sakit di punggung saya menghalangi saya untuk tampil dengan baik. Sulit untuk dijelaskan," kata Pinot dalam pernyataan resmi tim Groupama-FDJ.

Pinot menjelaskan bahwa ia dan tim telah melakukan segalanya untuk tampil sebaik mungkin di Giro tahun ini. Sayangnya tidak ada titik temu dan Pinot masih merasakan sakit yang luar biasa di punggungnya. "Saya hanya berpikir untuk sembuh dan meninggalkan masalah punggung ini," tegasnya.

Dokter tim Groupama-FDJ Jacky Maillot menjelaskan, Pinot sudah mulai menemukan bentuk terbaik. Hanya saja masalah di punggung tetap menjadi kendala yang terlalu besar untuk balapan tiga minggu seperti Giro.

"Peradangan sakroiliaka setelah kecelakaannya di Tour de France terakhir, masih menghalanginya untuk balapan dengan intensitas yang sangat tinggi, terlepas dari semua perawatan yang ia terima. Penyelidikan lebih lanjut dengan spesialis baru di bidang ini dijadwalkan minggu depan," jelasnya.

Sementara itu, Egan Bernal juga dilaporkan gagal mentas di Giro tahun ini, Seperti halnya Pinot, pembalap asal Kolombia ini juga mengalami masalah cedera punggung. Menurut laporan jurnalis televisi RAI Beppe Conti, Bernal akan absen di Giro dan Tour de France dengan harapan bisa pulih sepenuhnya dan memimpin tim di La Vuelta a Espana.

Namun kabar itu dibantah oleh sumber Cyclingnews di tim Ineos Grenadiers. Sumber tersebut mengatakan bahwa semuanya baik-baik saja. Bernal berada di jalur yang tepat untuk kembali dan berjuang di Giro tahun ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 41

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Cor Vos, Getty Images


COMMENTS