Menang Photo Finish, Van Aert Juara Amstel Gold Race 2021

Wout van Aert (Jumbo-Visma) berjuang hingga sentimeter terakhir di balapan terakbar Belanda, Amstel Gold Race. Ia menang sprint sangat tipis atas Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) di penghujung balapan 218,6 kilometer itu. Saking tipisnya, photo finish menentukan siapa jadi juara.

Event ini berlangsung di tiga kota, yakni Valkenburg aan de Geul, Maastricht, dan Eijsden-Margraten. Balapan digelar di sirkuit sepanjang 17 kilometer. Pembalap putra harus mengitarinya sebanyak 13 kali dan rider wanita menempuhnya tujuh putaran.

Ada tiga tanjakan pendek di rute ini, yakni Geulhemmerberg, Bemelerberg, dan Cauberg. Masing-masing panjangnya kurang dari satu kilometer. dengan kemiringan sekitar lima hingga enam persen. Berbeda dari ediri sebelumnya, race ini berlangsung tanpa penonton.

Sepuluh pembalap melakukan breakaway ketika lomba baru dimulai. Mereka meninggalkan peloton dengan gap lebih dari empat menit di sisa 100 kilometer. Rombongan besar baru menyerang ketika balapan menyisakan 50 kilometer. Mereka berhasil menangkap grup terdepan di sisa dua lap.

Van Aert mengambil kendali lomba di putaran terakhir. Pidcock dan pembalap tim Bora-Hansgrohe, Max Schachmann menyusulnya sembilan kilometer kemudian. Ketiga pembalap ini melaju bersama di lima kilometer terakhir yang flat.

Mereka baru tancap gas di 200 meter pamungkas. Van Aert menyerang dan Pidcock yang membuntutinya di belakang. Kedua pembalap ini sejajar di 75 meter terakhir dan finis bersamaan. Perbedaannya sangat tipis.

Hasil photo finish memastikan Van Aert juara Amstel Gold Race 2021

Photo finish lantas menunjukkan bahwa Van Aert adalah juaranya. Pidcock di posisi kedua dan Schachmann finis di urutan ketiga.

"Mereka mengatakan saya juaranya. Tapi saya tak langsung percaya. Sebab selisihnya sangat tipis. Tapi juri mengatakan saya lah pemenangnya," ungkap Van Aert kepada Sporza.

Sementara Pidcock menyesal karena ia terlambat untuk melakukan sprint. "Saya seharusnya pergi lebih dulu, sebab saya pikir saya yang tercepat dan yang terkuat di balapan. Agak frustasi kalah dengan selisih seperti itu," akunya. (mainsepeda)

Hasil Amstel Gold Race 2021 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 5 jam 3 menit 27 detik
2. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +0
3. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +2
4. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +2
5. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +2
6. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +2
7. Kristian Sbaragli (Italia), Alpecin-Fenix +2
8. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +2
9. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +2
10. Tosh Van Der Sande (Belgia), Lotto Soudal +2

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 40

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS