Tour of the Basque Country 2021
Tiga Juara Grand Tour Tampil di Tour of the Basque Country
by - April 04, 2021

Setelah gagal berlangsung tahun lalu, Tour of the Basque Country digeber lagi musim ini. Balapan enam etape itu akan berlangsung 5-10 April. Event ini akan diikuti tiga pemenang Grand Tour, yakni Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers), Primoz Roglic (Jumbo-Visma), dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Balapan ini sekaligus menandai persaingan perdana antara Roglic dengan Pogacar pada tahun ini. Sebelumnya, kedua pembalap asal Slovenia itu bersaing ketat di Tour de France 2020.

Rivalitas Roglic dengan Pogacar menjadi cerita paling dramatis musim lalu. Roglic yang menguasai yellow jersey selama sebelas etape, harus kehilangan mahkota juara setelah kalah di balapan time trial di Etape 20. Pogacar menjadi jawara Tour de France ketika usianya baru 21 tahun.

Setelah Tour de France, kedua pembalap ini bersaing lagi di Liège-Bastogne-Liège pada awal Oktober 2020. Roglic menjadi pemenang dan Pogacar menempati peringkat ketiga. Lalu musim 2020 berakhir seusai balapan La Vuelta a Espana di mana Roglic berhasil menjuarai event balap paling akbar di Spanyol itu.

Pogacar telah memulai 2021 dengan menjuarai UAE Tour pada Februari lalu. Kemudian ia menjadi kampiun di Tirreno-Adriatico 2021. Sementara Roglic baru balapan di Paris-Nice. Sayang ia kehilangan gelarnya seusai dua kecelakaan beruntun di Etape 8. Pembalap 31 tahun itu finis di peringkat ke-15.

Sementara itu, Ineos Grenadiers bakal menurunkan skuat luar biasa. Selain Geoghegan Hart yang memenangkan Giro d'Italia tahun lalu, mereka juga memainkan Richard Carapaz dan Adam Yates. Ajang ini juga diikuti nama tenar lainnya seperti Mikel Landa (Bahrain Victorious) dan Marc Hirschi (UAE Team Emirates).

Tour of the Basque Country 2021 akan dibuka dengan balapan time trial sejauh 13,9 kilometer di Bilbao. Balapan ini bakal ditutup dengan menanjak ke Arrate di Eibar. Terdapat tiga tanjakan Kategori 1 yang harus ditaklukkan di tahapan pamungkas nanti. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 38

Foto: ASO


COMMENTS