Froome Jadi Pembalap dengan Gaji Tertinggi di Dunia

Posisi Peter Sagan sebagai pembalap termahal di dunia digusur oleh Chris Froome. Kepindahannya ke Israel Start-Up Nation (ISN) membuat pria kelahiran Kenya ini menjadi pembalap profesional dengan penghasilan tertinggi di dunia. Gaji Froome ditaksir sebesar 5,5 juta euro.

Dalam laporan yang diterbitkan surat Prancis L'Équipe, tercantum 20 pembalap dengan bayaran tertinggi di peloton. Memang, sejumlah pembalap Ineos Grenadiers mendominasi daftar ini. Tapi semuanya masih kalah dari Froome.

Meski belum mendapatkan satu kemenangan pun pada musim lalu, kepindahannya ke ISN ikut mengangkat pendapatan pembalap asal Wales ini. Froome menerima 5,5 juta euro. Lebih banyak dari gajinya di Ineos musim lalu, yakni 4,5 juta euro.

Kontrak baru bersama ISN membuat Froome menggusur Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) sebagai pembalap dengan gaji termahal. Rider asal Slovakia tersebut membuntuti Froome di posisi kedua dengan gaji 5 juta euro.

Tadej Pogacar yang baru saja meneken kontrak baru bersama UAE Team Emirates, dikabarkan menerima gaji 5 juta euro. Jumlah itu dua kali lipat lebih banyak dibandingkan bayarannya tahun lalu, yakni 2 juta euro.

Geraint Thomas menjadi pembalap tim Ineos Grenadiers dengan bayaran termahal, yakni 3,5 juta euro. Tim ini juga membayar empat pembalap lainnya, yakni Egan Bernal, Michał Kwiatkowski, Richard Carapaz, Adam Yates di angka lebih dari 2 juta euro.

Sementara itu, kontrak baru untuk Wout van Aert menjadikannya sebagai pembalap termahal di skuad Jumbo-Visma. Rider asal Belgia itu menerima upah 2,2 juta euro. Angka ini lebih banyak dibandingkan juara La Vuelta a Espana sekaligus runner up Tour de France 2020, Primoz Roglic (2 juta euro).

Gaji Roglic bahkan setara dengan pembalap yang kini sedang bersinar, Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix), Thibaut Pinot (Groupama-FDJ), Jakob Fuglsang (Astana-Premier Tech) 2 juta euro, serta Romain Bardet yang baru pindah ke Team DSM. (mainsepeda)

Daftar Pembalap dengan Gaji Tertinggi di Dunia (Top 20):
1. Chris Froome (Israel Start-Up Nation) 5,5 juta euro
2. Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) 5 juta euro
3. Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) 5 juta euro
4. Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) 3,5 juta euro
5. Egan Bernal (Ineos Grenadiers) 2,8 juta euro
6. Michal Kwiatkowski (Ineos Grenadiers) 2,5 juta euro
7. Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) 2,3 juta euro
8. Wout van Aert (Jumbo-Visma) 2,2 juta euro
9. Alejandro Valverde (Movistar) 2,2 juta euro
10. Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) 2,2 juta euro
11. Vincenzo Nibali (Trek-Segafredo) 2.1 juta euro
12. Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) 2 juta euro
13. Adam Yates (Ineos Grenadiers) 2 juta euro
14. Primož Roglič (Jumbo-Visma) 2 juta euro
15. Thibaut Pinot (Groupama-FDJ) 2 juta euro
16. Jakob Fuglsang (Astana-Premier Tech) 2 juta euro
17. Romain Bardet (Team DSM) 2 juta euro
18. Elia Viviani (Cofidis) 1.9 juta euro
19. Nairo Quintana (Arkéa-Samsic) 1.9 juta euro
20. Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) 1.8 juta euro

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 36

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS