Amstel Gold Race 2021 Digelar Tanpa Penonton

Amstel Gold Race digelar lagi tahun ini. Event balap bergengsi di Belanda tersebut akan berlangsung 18 April. Amstel Gold Race 2021 digeber di sirkuit sepanjang 17 kilometer. Pembalap putra akan mengitarinya sebanyak 13 kali. Sedangkan rider wanita bakal menempuh tujuh putaran.

Sirkuit tersebut membentang di tiga kota, yakni Valkenburg aan de Geul, Maastricht, dan Eijsden-Margraten. Pihak penyelenggara beserta pemerintah di tiga kota tersebut telah bersepakat bahwa balapan berlangsung tertutup untuk penonton.

"Kami sangat senang dengan izin dari pihak berwenang. Sehingga Amstel Gold Race dan Amstel Gold Race Ladies Edition dapat diadakan pada 18 April," kata Direktur perlombaan Leo van Vliet dalam keterangan resminya, Senin (8/3) malam.

Lampu hijau dari tiga pemerintah daerah adalah buah perjuangan penyelenggara sepanjang tahun ini. Setelah balapan ini dibatalkan pada 2020 lalu, panitia meramu formula terbaik agar balapan ini berlangsung pada musim balap 2021.

"Kami menyadari bahwa banyak hal yang masih bisa berubah dalam persiapan menuju 18 April. Tapi kami berterima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah atas dukungan mereka dalam balapan ini. Bersama-sama kita sekarang melihat ke depan secara positif pada rencana akhir menjelang balapan," imbuhnya.

Mathieu van der Poel (tengah) memenangkan Amstel Gold Race 2019

Van Vliet mengungkapkan, seluruh area di sekitar sirkuit akan ditutup untuk wisatawan dan khalayak umum. Mereka yang ada di kawasan ini hanya yang terkait balapan atau yang mengantongi izin.

Pihaknya akan mengerahkan sekitar 350 pengatur lalu lintas, penjaga keamanan, dan staf untuk menjaga area sirkuit tetap bersih dari publik. "Oleh karena itu kami meminta semua orang untuk mengikuti Amstel Gold Race tahun ini dari rumahnya masing-masing," pintanya.

Sementara itu, Presiden Union Cycliste Internationale (UCI), David Lappartient senang karena Amstel Gold Race dan Amstel Gold Race Ladies ini digelar kembali tahun ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Belanda dan jajaran terkait yang turut menyukseskan acara ini.

"Sangat penting bahwa agenda balapan kami tetap berlangsung. Tentu saja dengan semua adaptasi yang diperlukan dalam konteks pandemi seperti saat ini," ucapnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 34

Foto: Getty Images


COMMENTS