Cees Bol memberikan kemenangan pertama untuk Team DSM musim ini. Rider asal Belanda itu menang sprint lawan Mads Pedersen (Trek-Segafredo) di Etape 2 Paris-Nice 2021, Senin (8/3) malam. Sementara hasil di Etape 2 membawa Michael Matthews (Team BikeExchange) mengambil alih puncak General Classification (GC).

Etape 2 didominasi oleh rute datar. Hanya ada satu tanjakan Kategori 3 di Cote des Granges le Roi, sekitar 72 kilometer dari start. Total jaraknya 188 kilometer. Pembalap menempuh perjalanan dari Oinville-sur-Montcient menuju Amilly.

Balapan diwarnai dengan kecelakaan yang dialami sejumlah pembalap. George Bennett (Jumbo-Visma) terjatuh hingga merusak helmnya di 48 kilometer terakhir. Ia kembali ke peloton tanpa menjalani protokol gegar otak. Selang beberapa saat, hal serupa dialami Alexis Vuillermoz (AG2R Citroën).

Kecelakaan di kilometer terakhir menjelang finis

Beberapa pembalap tim Movistar dan EF Education Nippo dan terjatuh di sepuluh kilometer jelang finis. Tabrakan kembali terjadi di kilometer terakhir. Kali ini melibatkan sejumlah pembalap dari tim Bora-Hansgrohe, UAE Team Emirates, dan Qhubeka Assos.

Setelah insiden terakhir, tim-tim macam Team DSM, Ineos Grenadiers, Trek-Segfredo, dan Deceuninck-QuickStep mulai mengatur kereta cepatnya. Saat balapan tersisa 600 meter, Jasper Stuyven membuka jalan bagi Pedersen untuk menyerang.

Mads Pedersen

Sayang pembalap asal Denmark itu gagal memungkasinya dengan kemenangan di Etape 2 ini. Juara dunia 2019 itu kalah sprint dari Bol. "Trek melakukan lead-out yang bagus. Tapi saya memulai sprint saya pada saat yang tepat dan memiliki kekuatan yang cukup untuk mencapai finis," ucap Bol seperti yang dilansir Velonews.

Rider 25 tahun ini mengaku bangga dapat memberikan kemenangan perdana untuk Team DSM. Menurutnya, hasil ini adalah modal untuk memperoleh lebih banyak podium musim ini. "Kemenangan ini tak hanya memberi kami rasa percaya diri di etape sprint berikutnya, tetapi juga untuk balapan lain di kemudian hari," katanya.

Michael Matthews menyandang jersey kuning setelah finis ketiga di Etape 2

Hasil di Etape 2 mengubah susunan pembalap di GC. Michael Matthews naik dua strip ke posisi pertama. Mads Pedersen berada tepat di bawahnya. Sedangkan pemenang Etape 1, Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep) melorot ke peringkat tiga.

"Sangat menyenangkan bahwa kerja keras kami dari dua hari terakhir membuahkan hasil. Saya mengenakan jersey kuning untuk tim. Saya sangat menantikannya. Semua orang berkomitmen penuh pada rencana. Saya akan mencoba yang terbaik dengan setiap kesempatan," kata Matthews.

Selanjutnya, Etape 3 di Paris-Nice 2021 akan melombakan balapan time trial. Lomba akan berlangsung di rute sepanjang 14,4 kilometer di kawasan Gien. Etape ini bisa menjadi kesempatan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers) untuk memperbaiki posisi di GC. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Paris-Nice 2021 (Top Ten)
1. Cees Bol (Belanda), Team DSM 4 jam 27 menit 59 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
3. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
4. Bryan Coquard (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +0
5. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +0
6. John Degenkolb (Jerman), Lotto Soudal +0
7. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
8. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
9. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
10. Rudy Barbier (Prancis) Israel Start-up Nation +0

General Classification usai 2 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange 8 jam 19 menit 23 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +4
3. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +4
4. Cees Bol (Belanda), Team DSM +4
5. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +8
6. André Greipel (Jerman), Israel Start-up Nation +11
7. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +12
8. Florian Vermeersch (Belgia) Lotto Soudal +12
9. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +13
10. Ben Swift (Inggris), Ineos Grenadiers +13

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 34

Foto: Getty Images


COMMENTS