Ayo Gowes di Pulau Belitung, GBB Siap Menemani

Mereka lah yang menemani Dony Adhika ketika YouTuber asal Jogjakarta tersebut gowes ke Pulau Belitung pada akhir tahun lalu. Namanya Gowes Bebas Belitong (GBB). Salah satu komunitas sepeda di Belitung ini sudah berdiri sejak 2017 lalu.

Sebelum mengusung bendera sendiri, sejumlah member GBB tercatat sebagai anggota grup lainnya. Namun pada akhir 2016 silam mereka memutuskan untuk membuat komunitas baru. Ada tiga orang pencetusnya, yakni Yudi Suprastyo, Ferdinand alias Derry, dan Tyo Saputro.

GBB akhirnya dideklarasikan pada 2017. Kini komunitas tersebut memiliki 40 anggota. Mereka berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan dan usia. Mayoritas anggota GBB memang menggunakan road bike. Hanya sebagian kecil yang pakai sepeda gunung (MTB).
Mereka gowes bareng setiap Minggu pagi. Tak terlampau panjang. Sekitar 60 kilometer. Start dari Tanjung Pandan, mereka bergerak menuju Sijuk, Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, dan finis di Tanjung Pandan. Karena gowes di pinggir pantai, angin yang kencang menjadi tantangan yang harus ditaklukkan.

"Medannya rolling. Kalau di Jawa Timur, seperti rute Pandaan ke Purwosari," ucap Yudi Suprastyo yang kini bertindak sebagai road captain di BCC.

Yudi sebenarnya asli Malang. Ia juga pernah bergabung dengan Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII 2008 di Kalimantan Timur (Kaltim). Ia pindah ke Belitung pada 2009 dan sempat membantu ISSI setempat.

Kini hidupnya sudah mapan. Cyclist 35 tahun tersebut memiliki toko sepeda sendiri. Meski demikian, Yudi tak ingin stop bersepeda. Oleh sebab itu ia bersama anggota GBB sering ikut berbagai event gowes di berbagai daerah. Tahun lalu mereka berpartisipasi di Tour de Borobudur.

"Kami juga mendaftar di Bromo KOM Challenge 2020. Tapi kami batal berangkat karena waktu itu pandemi mulai masuk ke Indonesia. Semoga kami bisa berpartisipasi di kemudian hari. Sebab kami dengar Bromo KOM merupakan salah satu event terbaik di Indonesia," ungkapnya.

Jika sedang sepi event seperti ini, GBB rutin menggelar gowes mingguan. Selain itu, di luar agenda gowes Minggu pagi, tiap anggotanya bisa bersepeda mandiri dalam kelompok-kelompok kecil. GBB juga siap menemani siapapun yang ingin gowes ke Beltung.

"Mas Dony Adhika salah satunya. Waktu Mas Dony ke sini, kami lah yang menemaninya gowes di sini," ungkap Yudi.

GBB bersama Dony Adhika (berdiri, tiga dari kanan)

Tantangan utama di Beltung adalah gowes keliling pulang. Total jaraknya 300 kilometer. Selain terpaan angin yang kencang, cuaca yang sangat menyengat juga menjadi tantangannya.

"Silahkan datang ke Belitung dan kami siap menemani gowes mengelilingi pulau yang indah ini," ajak Yudi. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 34

Foto: Dokumentasi GBB


COMMENTS