UAE Tour Banjir Bintang, dari Froome hingga Pogacar
by - February 17, 2021
UAE Tour Banjir Bintang, dari Froome hingga Pogacar
by MainSepeda - February 17, 2021

WorldTour dimulai lagi. Balapan musim 2021 digeber tahun ini. Para bintang balap sepeda dari penjuru dunia akan tumpah ruah di UAE Tour 2021. Balapan tujuh etape yang dilaksanakan 21-27 Februari ini akan diikuti dari 19 tim WorldTour serta satu ProTeam peringkat terbaik musim lalu.

Normalnya, WorldTour dimulai dari Tour Down Under (TDU) di Australia. Akan tetapi, pandemi yang belum reda membuat penyelenggara membatalkan TDU tahun ini. Tanpa TDU, maka WorldTour tahun ini akan dimulai dari UAE Tour.

Sebagai satu-satunya balapan WorldTour di Timur Tengah, UAE Tour akan menjadi titik mula perjalanan para rider beken dunia tahun ini. Penyelenggara telah merilis startlist yang akan ditampilkan ke-19 peserta WorldTour di UAE Tour tahun ini.

Juara Tour de France 2020 Tadej Pogačar (UAE-Team Emirates) dan pemenang green jersey di Prancis, Sam Bennett (Deceuninck-Quickstep) dipastikan turun. Pun demikian dengan juara dunia individual time trial (ITT) Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) dan juara dunia cyclocross Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix).

"Saya sangat senang memulai musim saya di UAE Tour. Kami baru saja menjalani kamp pramusim di UAE dan melakukan beberapa pelatihan yang sangat baik, terutama di Jebel Hafeet yang sangat bagus," ungkap Pogacar dalam keterangan resminya.

"Saya merasa baik dan termotivasi untuk balapan. Setelah kemenangan etape saya tahun lalu, saya kembali ke sini dengan motivasi lebih tinggi. Ini adalah acara besar bagi saya dan semua tim. Kami akan berada di sini untuk memperjuangkan kemenangan di balapan kandang kami," imbuh pembalap asal Slovenia itu.

UAE Tour makin dinanti karena menjadi balapan pertama Chris Froome dalam balutan jersey Israel Start-Up Nation (ISN). Froome adalah superstar balap sepeda. Ia meraih banyak gelar bergengsi selama sebelas tahun masa bakti di Ineos Grenadiers (dulu Team Sky). Kini, Froome akan memulai petualangan barunya sebagai leader di ISN.

UAE Tour tahun lalu dikenang sebagai event WorldTour pertama yang terpapar pandemi Covid-19. Kala itu jumlah etape dipangkas menjadi lima. Dua etape tersisa terpaksa tidak dilaksanakan karena dua ofisial dari salah satu tim peserta dinyatakan yang positif Covid-19. Penyelenggara akhirnya menetapkan Adam Yates sebagai pemenang. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 32

Foto: Twitter UAE Tour


COMMENTS