Rehab Selesai, Chris Froome Siap Unjuk Gigi

Chris Froome (Israel Start-Up Nation) memasuki musim 2021 dengan penuh percaya diri. Proses rehabilitasi selama berbulan-bulan di California, Amerika Serikat diklaim membuahkan hasil positif. Kini, Froome siap membalap lagi di UAE Tour pada akhir Februari nanti.

Froome mengalami kecelakaan horor di Critérium du Dauphiné 2019 lalu. Insiden ini membuatnya harus dioperasi sepanjang semester kedua 2019 dan awal 2020 lalu. Meski sudah membalap lagi musim lalu, namun performa Froome belum membaik.

Namanya dicoret dari daftar skuad Ineos Grenadiers untuk Tour de France 2020. Froomey memang diturunkan di La Vuelta a Espana. Meski bertindak sebagai kapten tim, pembalap asal Wales itu menjalani peran sebagai super-domestique untuk Richard Carapaz.

Setelah menuntaskan La Vuelta pada awal November, Froome terbang ke California di Amerika Serikat untuk melakoni pemusatan latihan. Selain itu, ia juga melakukan rehabilitasi di Red Bull Athlete Performance Center untuk menyembuhkan cederanya.

Mantan rekannya di Ineos Grenadiers Cameron Wurf adalah sosok yang memperkenalkannya dengan Direktur Performa Atlet Red Bull Per Lundstam. Ia mengutarakan niat untuk melanjutkan rehabilitasinya di Red Bull Athlete Performance Center. Froome merasa proses penyembuhan cederanya selama ini belum tuntas.

"Saya mungkin telah melakukan empat sesi selama dua jam hampir setiap minggu. Kini kami telah menguranginya menjadi dua sesi seminggu karena kemampuan riding saya makin meningkat. Kami merasa keseimbangan telah tercapai dan saya melakukan cukup banyak hal untuk tetap berada di puncak," ucap Froome.

Ia makin gembira karena statistik menunjukkan bahwa kinerja kaki kanan dan kirinya telah seimbang. Bahkan lebih baik daripada sebelum kecelakaan itu terjadi. "Saya akhirnya dapat mengatakan bahwa saya yakin proses rehabilitasi ini telah selesai," katanya di laman resmi Red Bull.

Froome akan terbang ke Asia untuk tampil UAE Tour minggu depan. Balapan ini akan menandai debutnya sebagai rider tim ISN. "Saya masih memiliki banyak pekerjaan di depan dalam hal fokus pada kebugaran balapan. Namun sebagai titik awal, kondisi saat ini telah menempatkan saya pada posisi yang sangat baik," ujarnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 31

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: HAMMERHEAD


COMMENTS