Harapan Nairo Quintana untuk berlaga di Giro d'Italia 2021 akhirnya pupus. Sebab RCS Sport selaku penyelenggara Giro tidak menyantumkan nama tim Quintana, Arkéa-Samsic dalam daftar tiga tim yang memperoleh wildcard. RCS memilih Bardiani CSF Faizanè, Vini Zabù menerima, dan Eolo-Kometa.

Sebelum RCS mengumumkan keputusannya, Quintana berharap bisa melakoni dua Grand Tour tahun ini. Ia dipastikan membalap di Tour de France karena Arkéa-Samsic mendapatkan wildcard. Pembalap asal Kolombia itu berdoa agar timnya juga memperoleh kans serupa di Giro.

"Kami menunggu mereka memberi kami izin. Saya berharap kami bisa mendapatkannya. Sebab Giri adalah balapan yang sangat saya nikmati. Saya sudah melakukannya dua kali. Ini perlombaan yang cukup menguntungkan bagi saya," kata Quintana menurut Ciclismocolombiano.

Daftar tim peserta Giro d'Italia 2021

Akan tetapi, tak ada nama Arkéa-Samsic dalam pengumuman resmi RCS Rabu (10/2) malam. Terdapat empat ProTeam yang akan berlaga di Giro tahun ini. Alpecin-Fenix menerima undangan otomatis setelah menduduki peringkat teratas untuk ProTeams musim lalu.

Balapan tahun ini akan menandai penampilan pertama Eolo-Kometa di Grand Tour. Skuad ini digawangi oleh mantan pembalap profesional Ivan Basso dan Alberto Contador. Bardiani CSF Faizanè mengikuti setiap Giro sejak 2009. Sementara Vini Zabù yang berdiri pada 2009, telah berlomba di semua Giro kecuali edisi 2010 dan 2019.

Meski tidak menerima undangan untuk bertanding di Giro, Arkéa-Samsic memperoleh tiga tiket untuk membalap di Strade Bianche, Tirreno-Adriatico, dan Milan-San Remo.

Sementara itu, Androni Giocattoli-Sidermec mencak-mencak karena gagal berlaga di Giro 2021. Ini adalah kali pertama mereka absen sejak 2017. "Saya tidak bisa menjelaskannya. Saya tidak menemukan logika dalam semua ini," kata Manajer Androni Giocattoli-Sidermec Gianni Savio kepada la Repubblica.

Savio mempertanyakan keputusan RCS mengundang Vini Zabù. Sebab salah satu pebalapnya dinyatakan positif menggunakan zat terlarang selama Giro tahun lalu. "Jika mereka mengundang Quintana dan tim Arkea, saya pasti bisa mengerti. Tapi Zabù, saya rasa tidak," kritiknya. (mainsepeda)

ProTeam di Giro d'Italia
Alpecin-Fenix, Bardiani CSF Faizanè, Vini Zabù menerima, dan Eolo-Kometa

ProTeam di Strade Bianche
Alpecin-Fenix, Arkéa-Samsic, Androni Giocattoli-Sidermec, Bardiani CSF Faizanè, Eolo Kometa, dan Vini Zabù

ProTeam di Tirreno-Adriatico
Alpecin-Fenix, Arkéa-Samsic, Androni Giocattoli-Sidermec, Eolo Kometa, Gazprom-Rusvelo, dan Total-Direct Energie

ProTeam di Milan-San Remo
Alpecin-Fenix, Arkéa-Samsic, Total-Direct Energie, Androni Giocattoli-Sidermec, Bardiani CSF Faizanè, dan Novo Nordisk

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 31

Foto: Tim De Waele, RCS Sport, Bettini Photo


COMMENTS