Julian Alaphilippe Turun di Tour de la Provence

Sang juara dunia Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) mengawali musim 2021 di Tour de la Provence. Balapan empat etape kategori 2.Pro ini akan berlangsung 11-14 Februari di Prancis. Event itu bakal jadi ajang pemanasan bagi Alaphilippe sebelum turun di berbagai kejuaraan tahun ini.

Setelah melalui musim penuh liku pada 2020 lalu, Alaphilippe siap membuka lembaran baru 2021. Ia masuk dalam daftar pembalap Deceuninck-QuickStep yang turun di Tour de la Provence. Alaphilippe akan didampingi Denmark Kasper Asgreen, Davide Ballerini, Mauri Vansevenant, Yves Lampaert, Zdenek Stybar, dan Rémi Cavagna.

"Dengan begitu banyak balapan yang dibatalkan atau ditunda, kami harus membuat beberapa perubahan dalam line-up kami. Itulah mengapa kami menurunkan pembalap yang Classics-orientated," kata Directeur Sportif tim Deceuninck-QuickStep Geert Van Bondt dalam keterangan resminya.

Van Bondt menambahkan, seluruh pembalapnya dalam posisi siap tanding. Ia juga yakin skuad yang solid ini mampu berjuang untuk hasil yang bagus. "Tujuan utama kami adalah memberikan yang terbaik di sana, dan mendapatkan kembali sensasi balapan yang kami cintai ini," imbuh Van Bondt.

Sebelumnya, pada 2020 lalu, rider asal Prancis tersebut berhasil menjadi juara dunia setelah memenangkan Kejuaraan Dunia Road Race di Imola, Italia. Selain itu, Alaphilippe mengunci kemenangan di Etape 2 Tour de France tahun lalu. Ia juga menjuarai balapan De Brabantse Pijl 2020.

Meski begitu, perjalanan Alaphilippe pada musim lalu juga sarat kontroversi. Pertama, ia mendapatkan hukuman penalti 20 detik akibat menerima makanan tidak resmi di 17 kilometer menjelang finis Etape 5 Tour de France 2020. Hukuman ini membuat Alaphilippe melorot dari peringkat pertama ke ke posisi 16 di General Classification.

Kedua, sekaligus yang paling heboh, terjadi saat Alaphilippe turun di balapan Monumen, Liège-Bastogne-Liège, awal Oktober tahun lalu. Akibat terlalu dini melakukan selebrasi, kemenangan Alaphilippe dicuri bintang Jumbo-Visma, Primoz Roglic di garis finis. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 30

Foto: Getty Images


COMMENTS