Tom Dumoulin Cuti dari Balap Sepeda
by - January 24, 2021
Tom Dumoulin Cuti dari Balap Sepeda
by MainSepeda - January 24, 2021

Tom Dumoulin (Jumbo-Visma) membuat sebuah keputusan mengejutkan. Pembalap asal Belanda itu memutuskan untuk rehat dari balap sepeda tanpa batas waktu yang ditentukan. Dumoulin butuh waktu untuk menenangkan diri serta menjauhkan dirinya dari pedal.

Kabar ini telah diumumkan dalam laman resmi klub, Sabtu (23/1) malam. Selang beberapa jam, rider 30 tahun ini membuat sebuah utas di akun Twitter-nya tentang alasan yang mendorongnya untuk cuti dari olahraga yang telah melambungkan namanya itu.

"Saya dan tim memutuskan bahwa saya mengambil cuti dari olahraga indah ini dengan jangka waktu yang tidak diketahui. Sudah terlalu lama saya merasakan tekanan besar untuk tampil, dan saya merasa bahwa saya selalu ingin melakukan yang terbaik untuk tim, untuk semua sponsor, penggemar, dan lain-lain," tulis Dumoulin.

Pernyataan Dumoulin memang mengejutkan. Pasalnya, pada Jumat (22/1) kemarin, ia baru saja diumumkan sebagai partner Primoz Roglic dan Steven Kruijswijk di Tour de France tahun ini. Selain ketiga nama itu, Jumbo-Visma juga menurunkan Wout van Aert, Sepp Kuss, Tony Martin, Robert Gesink, dan Mike Teunissen.

"Dalam proses itu saya sedikit lupa diri saya. Saya lupa apa yang sebenarnya saya inginkan dalam olahraga ini dan dengan masa depan saya. Karena saya tidak memiliki jawaban yang jelas untuk diri saya sendiri. Saya sebenarnya juga tidak melakukan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar saya," jelas Dumoulin.

"Saya benar-benar membutuhkan waktu untuk menjelaskan hal-hal di kepala saya tentang apa yang saya inginkan dan bagaimana saya menginginkannya. Rasanya sangat menyenangkan untuk mengambil langkah ini. Saya merasa sangat didukung oleh teman, eluarga saya, serta tim untuk mengambil langkah ini," bilangnya.

"Mengambil keputusan ini terasa seperti (melepas) beban besar di pundak saya. Saya akan banyak berpikir dan berbicara dengan banyak orang dan saya sangat yakin bahwa saya akan menemukan jawabannya di periode mendatang," tutur eks pembalap Team Sunweb (sekarang Team DSM) itu.

Setelah mengalami cedera di Critérium du Dauphiné 2019, Dumoulin beristirahat lebih dari setahun dari balap sepeda. Saat membalap lagi mulai Agustus lalu, Dumoulin memang tidak memenangkan satu balapan pun. Akan tetapi, ia tampil sangat bagus untuk Jumbo-Visma di Tour de France 2020.

Dumoulin menjadi tim pendukung yang sempurna untuk Roglic. Bahkan, ia menduduki posisi tujuh di klasifikasi umum. Sayang, akibat terlalu lelah, Dumoulin gagal bersinar di La Vuelta a Espana tahun lalu. Ia memutuskan mundur di Etape 8. (mainsepeda)

Foto: Jumbo-Visma


COMMENTS