Shimano Akhiri Dominasi Mavic di Tour de France
by - January 20, 2021
Shimano Akhiri Dominasi Mavic di Tour de France
by MainSepeda - January 20, 2021

Berakhir sudah dominasi Mavic di Tour de France dan event-event lainnya yang diselenggarakan oleh Amaury Sport Organisation (ASO). Setelah 44 tahun berkuasa sebagai neutral service, posisi Mavic akan digantikan Shimano.

Kesepakatan dengan pembuat komponen asal Jepang tersebut diumumkan Selasa (19/1) waktu setempat. ASO menyatakan bahwa Shimano akan menjadi pendukung balapan-balapan yang digelar oleh ASO. Termasuk event paling besar di dunia, Tour de France.

Menjadi partner untuk neutral service di balapan-balapan beken termasuk Tour de France, akan menjadi kado hadi jadi Shimano ke-100 tahun ini. "Dalam seratus tahun keberadaan kami, kami sangat bersemangat untuk memulai babak baru dalam sejarah olahraga kami," kata Taizo Shimano, Wakil Presiden Eksekutif Shimano.

Selama 20 tahun terakhir, Shimano telah memberikan layanan di beberapa balapan akbar dunia. Termasuk Tour of Flanders, Amstel Gold, Vuelta a Espana, dan Giro d'Italia. Kesepakatan dengan ASO makin menguatkan imej dan dominasi Shimano di balap sepeda.

Mobil neutral service berwarna biru khas Shimano akan muncul di semua agenda World Tour yang digelar ASO, seperti, Tour de France, Paris-Nice, Critérium du Dauphiné. Juka di balapan klasik bergengsi macam Paris-Roubaix, Liège-Bastogne-Liège, dan La Flèche Wallonne.

"Kami dengan bangga mengumumkan kemitraan untuk mendukung lomba yang diselenggarakan ASO. Itu berarti kami akan memberikan dukungan kelas satu kepada pembalap di event ASO agar mereka kembali ke jalan dan kembali balapan," imbuh Taizo Shimano.

Managing Director ASO Yann Le Moënner menambahkan, pihaknya sangat senang dengan kemitraan dengan Shimano. Jika terjadi masalah mekanis atau tabrakan, pembalap bisa mendapatkan bantuan dari tim neutral service Shimano, terlepas dari groupset mana yang mereka gunakan.

"Kemitraan ini adalah komitmen kami untuk menawarkan dukungan yang sangat baik kepada para atlet serta semua pembalap yang terlibat dalam acara kami," ucapnya seperti yang dilansir Cyclingnews. Balapan pertama Shimano tahun ini adalah Paris-Nice awal Maret nanti.

Sementara itu, Mavic dilaporkan mengalami krisis setelah penjualan perusahaan yang gagal pada 2018 lalu. Pada Juli 2020 lalu, Bourrelier Group mengakuisisi Mavic dan mengumumkan restrukturisasi untuk memfokuskan kembali perusahaan pada spesialisasi utamanya, roda. Mavic telah bermitra dengan ASO sejak 1977. (mainsepeda)

Foto: Shimano


COMMENTS