Selamat tinggal tim kuning-hitam Mitchelton–Scott. Skuad balap sepeda yang berbasis di Australia tersebut resmi berganti nama menjadi Team BikeExchange. Tak hanya berganti nama, tampilan jersey mereka pun berubah drastis. Tak ada lagi corak kuning. Jersey anyar itu akan dodominasi warna putih beraksen celeste khas Bianchi.

Pandemi Covid-19 turut berpengaruh ke kondisi finansial tim yang dikelola GreenEDGE Cycling tersebut. Mereka sempat berganti nama menjadi Team Manuela Fundación pada 12 Juni 2020 lalu. Belum genap sepekan, mereka mengumumkan bahwa kesepakatan entitas nirlaba milik Francisco Huertas ini tak akan berlanjut.

Ketika Union Cycliste Internationale (UCI merilis daftar peserta WorldTour 2021 pada akhir Desember 2021, tim ini masih menggunakan nama GreenEDGE Cycling. Nama baru, yakni Team BikeExchange, efektif digunakan per 1 Januari 2021. Nama baru ini akan digunakan baik oleh tim balap putra maupun putri.

Simon Yates (kiri) dan Teniel Campbell berbalut jersey anyar Team BikeExchange

Berdiri pada 2007 di Australia, BikeExchange adalah perusahaan e-commerce dan pasar khusus bersepeda global. Mereka mengusung tagline: ‘Where the world buys, sells, learns and rides’. Menurut Chairman GreenEDGE Cycling Darach McQuaid, kemitraan dengan perusahaan ini adalah langkah strategis untuk timnya.

"Setelah periode sulit di 2020 untuk tim kami dan olahraga bersepeda secara umum, ini merupakan waktu yang pas bagi tim kami untuk nge-link dengan BikeExchange. Bersama mereka, kami memasuki musim kesepuluh dengan penuh ambisi dan haus akan lebih banyak kesuksesan," kata McQuaid.

Perubahan nama ini berdampak pada tampilan di jersey mereka. Team BikeExchange didominasi warna hitam-putih. Makin cantik dengan aksen celeste di bagian lengan dan pinggang. Celeste adalah simbol hadirnya Bianchi sebagai senjata anyat Simon Yates dan kawan-kawan.

"BikeExchange selalu bangga atas kemitraan panjang dengan GreenEDGE Cycling selama perjalanan tim. Team BikeExchange adalah perkembangan yang menarik dan langkah maju dalam aktivitas berkelanjutan kami," bilang Mark Watkin, Global CEO BikeExchange. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 28

Foto: Team BikeExchange


COMMENTS