Amstel Gold Race 2020 dibatalkan. Balapan yang dijadwalkan terselenggara pada 10 Oktober itu, resmi batal karena situasi pandemi Covid-19 di Belanda. Pihak penyelenggara memastikan balapan ini akan digelar kembali tahun depan.

Amstel Gold Race dan Amstel Gold Race Ladies Edition seharusnya digelar pada April lalu. Pandemi Covid-19 membuat kedua race itu dijadwal ulang menjadi 10 Oktober nanti. Balapan seharusnya melewati tiga kota di Belanda, yakni Eijsden-Margraten, Masstricht, dan Valkenburg aan de Geul.

Sayang balapan harus dibatalkan karena kasus Covid-19 yang terus meningkat di Belanda. Pembatalan Amstel Gold Race 2020 diumumkan dalam laman resminya Rabu (30/9) malam.

Mathieu van der Poel (tengah) memenangkan Amstel Gold Race 2019

Jan Schrijen, Wali Kota Valkenburg aan de Geul mengatakan, status balapan sebenarnya on schedule pada awal pekan ini. Ia masih yakin Amstel Gold Race bisa diselenggarakan. Akan tetapi, karena kasus Covid-19 yang terus meningkat, membuat pihaknya terpaksa mencabut izin balapan.

Ketiga kota penyelenggara sebenarnya sudah menimbang untuk menyelenggarakan balapan tanpa penonton. Sayangnya opsi ini sangat sulit untuk diwujudkan. Sebab warga maupun wisatawan pasti memiliki pelbagai cara untuk menyaksilan balapan.

"Dan itu berarti tidak ada jaminan balapan ini benar-benar tertutup untuk publik. Sangat tidak menyenangkan bagi penyelenggara dan pemerintah kota. Sebab kami telah melakukan segalanya untuk memastikan bahwa Amstel Gold Race berlangsung dengan cara yang aman," Schrijen.

Race Director Amstel Gold Leo van Vliet menambahkan, pihaknya bekerja ekstra keras dalam beberapa bulan terakhir untuk memastikan balapan tetap terselenggara. Mereka melobi kanan-kiri dan berupaya mencari formula yang pas agar balapan ini bebas dari Covid-19. Sayangnya pandemi tak dapat dibendung.

"Senin (28/9) kemarin kami sepenuhnya siap untuk mengumumkan hal ini kepada dunia. Tetapi langkah-langkah baru yang diumumkan oleh pemerintah membuat rencana kami harus direvisi lagi. Dengan kondisi 'tidak ada penonton', ini adalah tugas yang hampir mustahil," jelasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 16

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS