Tour de Pinrang Jadi Pemanasan Menuju Gran Fondo Toraja 2020

Makassar Cycling Club (MCC) kembali menggelar touring. Kali ini tujuannya ke Kabupaten Pinrang. Dengan total jarak 185 kilometer, gowes bareng bertajuk Tour de Pinrang ini menjadi ajang pemanasan sebelum Gran Fondo Toraja, sekitar November 2020 nanti.

Dilaksanakan Minggu (27/9) kemarin, Tour de Pinrang diikuti 80 anggota MCC. Rombongan berangkat dari pusat Kota Makassar pada pukul 06.00. Mereka sempat berhenti di beberapa pit stop dan finis di Kabupaten Pinrang sekitar pukul 13.30.

Mereka berhenti cukup lama di pit stop keempat di Parepare. Rombongan MCC disambut pemerintah daerah setempat yang diwakili Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Parepare Amarun Agung Hamka, dan Kepala Dinas Perhubungan Parepare Iskandar Nusu.

"Ini sebenarnya event internal. Jadi kami selalu mengadakan tiga evet touring selama setahun. Touring di dalam provinsi, touring ke luar pulau, dan touring ke luar negeri," jelas Ketua Panitia Tour de Pinrang Daru Puji Utomo kepada Mainsepeda.com, Senin (28/9) pagi.

Daru menegaskan, agenda gowes ke Pinrang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Para peserta tetap menjaga jarak dan membawa masker. Masker wajib dipakai di lokasi start, finis, serta di pit stop. Selain itu, masing-masing peserta Tour de Pinrang juga dibekali dengan hand sanitizer.

Rombongan MCC ketika melintasi Kabupaten Barru

Cyclist asli Magetan, Jawa Timur (Jatim) ini mengungkapkan sejumlah alasan diadakannya event ini. Pertama, ini adalah salam perkenalan untuk anggota baru MCC. Menurut Daru, ada sejumlah cyclist yang gabung dengan MCC selama pandemi Covid-19 ini.

"Kami ingin mengajarkan teman-teman bagaimana caranya berpoloton serta etika bersepeda di jalan. Oleh itu, meski berbanyak orang, kami tetap rapi dan menjaga aturan lalu lintas," terangnya.

Kedua, Tour de Pinrang menjadi ajang meningkatkan keakraban para anggota, serta melepas rindu akan gowes bareng. Memang pandemi Covid-19 ini membuat para member MCC lebih sering gowes dalam kelompok kecil. Sejumlah agenda internal MCC terpaksa ditunda. Salah satunya gowes bareng ke Thailand.

"Rencana ke Thailand tak dapat direalisasikan tahun ini akibat pandemi. Kami agendakan tahun depan. Jadi pada 2021 nanti ada dua kali touring ke luar negeri, yakni ke Thailand dan Dubai. Kami dengar Dubai sudah welcome dengan orang luar. Dua opsi ini sedang kami matangkan di internal," jabar Daru.

Terakhir, Tour de Pinrang adalah ajang pemanasan sekaligus tes rute Gran Fondo Toraja 2020. Gawe besar MCC ini dijadwalkan digelar pada akhir tahun ini. Antara November atau Desember nanti. Pesertanya terbatas. Hanya untuk member MCC dan sejumlah undangan terpilih.

"Gran Fondo Toraja digelar selama dua hari. Tahun lalu rute etape pertama selesai di Parepare. Tahun ini kami mengubah tempat finisnya ke Pinrang. Ternyata berhasil," ungkap alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut.

Tour de Pinrang menjadi ajang pemanasan dan cek rute Gran Fondo Toraja 2020

Medan perjalanan dari Makassar ke Parepare cenderung flat. Panjangnya 155 kilometer. Kemudian cyclist akan disuguhi rute rolling dari Parepare ke Pinrang. Panjangnya 30 kilometer. Aspalnya mulus dengan sinar matahari yang sangat menyengat. Inilah tantangan utama di etape satu Gran Fondo Toraja nanti.

Rute etape kedua nanti akan dibikin lebih pendek tapi lebih "sadis" daripada tahun lalu. Peserta Gran Fondo Toraja akan diajak menanjak ke Patung Yesus Memberkati. "Ini usulan Mas Azrul Ananda dan Om John (Boemiharjo) tahun lalu. Jadi tahun ini akan sangat menarik dan lebih seru," tutur Daru. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 15

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Dokumentasi Makassar Cycling Club (MCC)


COMMENTS