Menhub Minta Fasilitas Pesepeda Diperbanyak
by - September 28, 2020
Menhub Minta Fasilitas Pesepeda Diperbanyak
by MainSepeda - September 28, 2020

Pandemi Covid-19 membuat jumlah pesepeda di seluruh dunia, termasuk Indonesia, meningkat drastis. Pandemi ini pula yang menjadi momentum Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

Sebagaimana tertuang di pasal 11 hingga pasal 17, pesepeda mendapatkan fasilitas pendukung berupa jalur atau lajur sepeda. Dijelaskan bahwa penyediaaan jalur atau lajur sepeda menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.

Kemudian dalam pasal 18 dijelaskan tentang fasilitas parkir untuk sepeda. Perihal fasilitas untuk pesepeda ini kembali ditegaskan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhir pekan lalu. Dilansir dari laman resmi Kemenhub, Budi Karya mengajak pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas bagi cyclist.

"Kami mengajak Pemerintah Daerah untuk turut mendorong tersedianya fasilitas seperti jalur khusus sepeda, tempat parkir untuk pesepeda termasuk untuk para penyandang disabilitas," pintanya.

Budi Karya juga berharap para pengambil kebijakan baik ditingkat pusat maupun daerah dapat menyuarakan keselamatan jalan ke masyarakat. "Keselamatan jalan tidak mungkin terwujud bila tidak diawali saat ini hingga akhirnya menjadi budaya dan peradaban bangsa," terangnya.

Kepada masyarakat, Budi Karya berharap untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan sesuai yang diatur di Permenhub 55 tahun 2020. "Selain itu wajib mematuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepedalah dengan selamat," tegasnya.

Sementara itu, Kemenhub akan mengadakan Virtual Bicycle Fair pada 17 Oktober nanti. Pameran Sepeda Virtual Pertama di Indonesia ini melibatkan berbagai produsen sepeda lokal dan sepeda custom di Indonesia, dan 300 kontestan lomba sepeda. Event ini diselenggarakan di Balai Sarbini Jakarta

Pada hari yang sama, Kemenhub mengadakan Webinar Focus Group Discussion (FGD) Bike Talks dengan mengundang berbagai ahli transportasi, tokoh komunitas, dan public figure. Terakhir, Kemenhub akan bagi-bagi ratusan ribu masker pada 20 Oktober mendatang. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 15

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bikeberry


COMMENTS