UCI Road World Championships 2020
Anna van der Breggen Juara Setelah Solo Ride 41 Km
by - September 26, 2020

Anna van der Breggen (Belanda) tampil luar biasa di nomor women elite road race di UCI Road World Championships 2020 di Imola, Italia, Sabtu (26/9) malam. Pembalap 30 tahun tersebut menjadi juara dunia setelah solo ride sejauh 41 kilometer.

Balapan sepanjang 143 kilometer dibagi dalam lima lap. Finisnya di sirkuit balap legendaris Autodromo Enzo e Dino Ferrari di Imola. Van der Breggen berada dalam peloton hingga 50 kilometer akhir. Dia baru memulai melancarkan serangan di lereng curam di tanjakan Gallisterna, sekitar 41 kilometer menjelang finis.

Profil rute balapan women elite road race

Dia bekerja sama dengan apik dengan dua rekan senegaranya, Annemiek van Vleuten dan Marianne Vos sebelum solo ride untuk merebut gelar juara dunia road race kedua sepanjang kariernya. Sebelumnya, pembalap tim Boels-Dolmans itu menjadi juara dunia 2018 di Innsbruck, Austria.

"Luar biasa. Ini adalah balapan yang sangat sulit. Tanjakannya sangat sulit," kata Van der Breggen tentang Imola loop yang memiliki dua tanjakan pendek dan sangat curam.

Annemiek van Vleuten (kiri) dan Elisa Longo berduel sengit untuk merebut posisi kedua

Pembalap tuan rumah Italia Elisa Longo sebenarnya berusaha keras untuk mengejar Van der Breggen. Akan tetapi, rider tim Trek-Segafredo tersebut kesulitan untuk mengikis jarak karena ditempel ketat oleh sang juara bertahan Annemiek van Vleuten.

Elisa Longo harus kehilangan posisi kedua setelah disalip pembalap senior Belanda itu hanya beberapa meter menjelang finis. Van Vleuten finis kedua adan Longo di posisi ketiga. Keduanya terpaut gap 1 menit 22 detik dari Van der Breggen.

"Saya hanya melakukannya. Saya pikir semua pembalap sudah kelelahan di di lap terakhir. Jadi akan sulit untuk membuat perbedaan. Saya merasa baik saat mendaki. Jadi saya putuskan pergi," jelas Van der Breggen.

Anna van der Breggen diapit Annemiek van Vleuten (kiri) dan Elisa Longo (kanan)

Menjadi juara dunia road race melengkapi rekor super ciamik Van der Breggen selama membalap di Italia pada September ini. Dua hari lalu, dia menahbiskan diri sebagai juara dunia ITT. Sepekan sebelumnya, Van der Breggen berhasil menjuarai Giro d'Italia Femminile 2020.

"Sejauh ini semuanya luar biasa. Semuanya ada di balik satu sama lain, tetapi jika Anda bugar, itu juga hal yang baik. Saya cukup lelah sekarang. Mudah-mudahan saya akan pulih. Musim ini cukup baik untuk saya sejauh ini," akunya.

Anna van der Breggen menjadi pembalap wanita kedua yang meraih gelar juara dunia road race dan ITT pada tahun yang sama. Ia menyamai rekor legenda Prancis Jeannie Longo. Longo menorehkan catatan emas itu di kejuaraan dunia 1995 di Duitama, Kolombia. (mainsepeda)

Hasil Women Elite Road Race (Top Ten)
1. Anna van der Breggen (Belanda) 4 jam 9 menit 57 detik
2. Annemiek van Vleuten (Belanda) +1:20
3. Elisa Longo (Italia) +1:20
4. Marianne Vos (Belanda) +2:01
5. Liane Lippert (Jerman) +2:01
6. Lizzie Deignan (Inggris Raya) +2:01
7. Katarzyna Niewiadoma (Polandia) +2:01
8. Cecilie Ludwig (Denmark) +2:41
9. Lisa Brennauer (Jerman) +3:08
10. Marlen Reusser (Swiss) +3:08

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 15

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo, La Flamme Rouge


COMMENTS