Superman Lopez Tinggalkan Astana pada Akhir 2020

Miguel Angel Lopez dikabarkan segera meninggalkan Astana pada penghujung 2020. Ia akan mengakhiri enam tahun pengabdiannya di tim asal Kazakhstan tersebut. Belum diketahui di mana pelabuhan karier terbaru dari pembalap berjuluk superman itu.

Superman Lopez tampil cukup mengesankan tahun ini. Pembalap 26 tahun ini menjuarai etape 17 di Tour de France 2020. Ia menempati peringkat keenam di general classification di event balap terakbar di dunia itu. Sebagai catatan, ini adalah debutnya di TdF.

Setelah menyelesaikan tiga pekan melelahkan di Prancis, Superman Lopez akan memperkuat tim Kolombia di kejuaraan dunia road race di Imola, Italia akhir pekan ini. Kemudian ia akan berlaga di Giro d'Italia untuk mendukung Jakob Fuglsang dalam persaingan menjadi juara.

Menurut laporan media asal Kazakhstan Prosports, Giro 2020 akan menjadi balapan terakhir Superman Lopez bersama Astana. Selepas itu, pembalap kelahiran Pesca, Kolombia ini akan memulai petualangan baru setelah kontraknya di Astana habis pada akhir 2020.

Superman Lopez menempati peringkat enam di general classification Tour de France 2020

Manajer tim Astana Alexandre Vinokourov mengonfirmasi bahwa Giro akan menjadi balapan terakhir Superman Lopez untuk Astana. Pembatasan anggaran membuat mereka sulit untuk mempertahankan salah satu rider terbaiknya tersebut pada musim 2021 dan seterusnya.

Superman Lopez telah memperkuat Astana sejak 2015. Pencapaiannya cukup baik. Ia memuncaki young rider classification di Giro 2018 dan 2019, serta di Vuelta a Espana 2017. Ia juga memenangkan sejumlah balapan seperti Tour de Suisse 2016, Milano–Torino 2016, dan Volta a Catalunya 2019.

Ia juga termasuk dalam 20 pembalap dengan gaji tertinggi di dunia menurut surat kabar Perancis L'Equipe. Dengan bayaran 1.5 juta Euro, Superman Lopez menjadi pembalap dengan gaji tertinggi di Astana.

Sementara itu, pandemi Covid-19 membuat Astana mengalami kesulitan finansial. Tim memotong gaji pembalap dan staf hingga 30 persen pada April lalu. Sebulan sebelumnya muncul laporan bahwa gaji untuk awal musim pun sempat tertunda. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 14

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS