Etape Penentu, Roglic atau Pogacar yang Jadi Juara?

Sabtu (19/9) malam ini akan dilangsungkan etape 19 Tour de France 2020. Sebuah etape penentu yang akan melombakan balapan individual time trial (ITT). Dua pembalap unggulan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates) akan bertarung habis-habisan untuk menjadi juara overall.

Ini adalah satu-satunya balapan ITT di TdF tahun ini. Jaraknya 36 kilometer. Ending-nya adalah tanjakan cukup kondang, La Planche des Belles Filles. Walau hanya 5,9 kilometer, kemiringan rata-ratanya mencapai 8,5 persen.

Para pembalap bakal menggunakan dua sepeda di etape ini. Memakai sepeda TT di awal, lalu berganti ke sepeda climbing di tanjakan penutup. Di penghujung etape ini, pembalap yang mengenakan yellow jersey praktis sudah mengunci gelar juara overall.

"Saya telah melakukan time trial beberapa kali. Time trial kali ini akan menjadi pertarungan yang adil, man to man. Saya hanya harus mendorong sekuat mungkin dan membalap secepat mungkin, baik di jalan datar maupun menanjak," ujar Roglic tentang balapan ITT hari ini.

Hanya saja, Roglic punya riwayat hasil balapan ITT yang kurang memuaskan. Ia kalah dari Pogacar dalam kejuaraan nasional ITT Slovenia, 28 Juni 2020 lalu. Start di Zgornje Gorje dan finis di Pokljuka. Panjangnya 15,5 kilometer, dengan gradien sekitar 6,9 persen hingga 7,5 persen.

Pogacar menjadi juara ITT Slovenia setelah mencatatkan waktu terbaik, 31 menit 10,48 detik. Pogacar unggul 8,53 detik atas Roglic. Rekor inilah yang menjadi modal bagus bagi wonderkid 21 tahun di La Planche des Belles Filles malam ini.

"Ini ITT, jadi saya akan mengisi tancap gas dari awal sampai akhir, seperti yang selalu saya lakukan. Ini bukan tentang membuat prioritas. Tidak masalah dengan urutan mana kita mulai. Ini adalah ITT, semua orang akan sendirian di luar sana, berjuang untuk dirinya sendiri," ujar Pogacar.

Pogacar memang masih tertinggal 57 detik di belakang Roglic. Tapi ia sudah dua kali mengalahkan Roglic di etape 9 dan 15 di TdF 2020. Oleh sebab itu, peluangnya untuk menjuarai Tour de France malam ini, masih bisa terjadi.

"Segalanya masih mungkin terjadi, tapi akan luar biasa jika saya memenangkan Tour de France hari ini," terang dalam laman resmi Letour. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 14

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS