Kejuaraan Dunia Road Race 2020
Juara Bertahan Mads Pedersen Absen di Imola
by - September 15, 2020

Akan ada juara dalam Kejuaraan Dunia Road Race 2020 di Imola, Italia pada 24-27 September mendatang. Pasalnya, sang juara bertahan Mads Pedersen (Trek-Segafredo) dipastikan absen dalam skuad Denmark yang akan berlaga di Imola nanti.

Dirilis dari laman resmi Federasi Balap Sepeda Denmark (DCU) Senin (14/9), Pedersen tidak termasuk dalam daftar sepuluh pembalap putra yang akan diboyong ke Italia nanti. DCU membeberkan alasan mengapa tak ada nama pembalap 24 tahun itu.

"Pemenang tahun lalu Mads Pedersen telah memilih keluar dari kejuaraan dunia tahun ini karena rutenya tidak sesuai dengan sang juara bertahan," terang mereka.

Mads Pedersen (tengah) saat memenangkan Kejuaraan Dunia 2019

Sebagai gantinya, pada kejuaraan dunia tahun ini Denmark akan bertumpu pada pembalap senior tim Astana Jakob Fuglsang. Rider 35 tahun itu mengemban tugas untuk mengulang sukses Mads Pedersen di kejuaraan dunia sebelumnya.

Fuglsang akan ditemani Michael Valgren (NTT Pro Cycling), Magnus Cort (EF Pro Cycling), Christopher Juul-Jensen (Mitchelton-Scott), Mikkel Honoré (Deceuninck-QuickStep), Casper Pedersen (Sunweb), Niklas Eg (Trek-Segafredo), dan Jonas Gregaard (Astana).

"Kami akan bertaruh pada Jakob Fuglsang. Kemudian, tentu saja, ini merupakan skuad yang bertujuan untuk bisa bertahan di jalur yang sulit seperti Imola," bilang Pelatih tim nasional Denmark, Anders Lund.

Jakob Fuglsang ketika menjuarai Il Lombardia 2020 pada pertengahan Agustus lalu

Pada kejuaraan dunia tahun ini pembalap akan menghadapi dua tanjakan. Yakni Mazzolano sepanjang 2,7 kilometer dengan gradien rata-rata 13 persen. Serta Cima Gallisterna yang memiliki panjang yang sama tapi gradiennya 14 persen. Kemudian mereka menyelesaikan sembilan lap di sirkuit balap Imola.

"Ini adalah rute kejuaraan dunia yang sulit dan klasik. Rute ini ditujukan untuk pengendara yang sama dengan Jakob Fuglsang. Ia hampir dalam beberapa tahun terakhir mengkhususkan diri untuk membalap di one day race," jelas Anders Lund.

Sirkuit Imola

Sementara untuk nomor time trial, Denmark akan menurunkan Kasper Asgreen (Deceuninck-QuickStep) dan Mikkel Bjerg (UAE-Team Emirates). Anders Lund yakin dua pembalap pilihannya bisa menaklukkan rute sepanjang 31,7 kilometer di Imola.

"Kasper adalah juara nasional Denmark, jadi ia adalah pertama. Sedangkan Mikkel Bjerg datang dengan persiapan yang sangat baik," jelasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 13

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Trek-Segafredo, Getty Images, F1


COMMENTS