Tour de France 2020 - Etape 3
Ewan Juara Etape, Alaphilippe Pertahankan Yellow Jersey
by - August 31, 2020

Caleb Ewan (Lotto-Soudal) tampil perkasa di etape ketiga Tour de France 2020. Pembalap asal Australia tersebut menyisihkan Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep) untuk merebut kemenangan pada balapan Senin (31/8) malam. Ini adalah kemenangan etape yang keempat untuk rider 26 tahun tersebut.

Etape ketiga menempuh perjalanan dari Nice ke Sisteron. Panjangnya 198 kilometer. Medannya cenderung datar dan berakhir dengan sprint. Akan tetapi, perjalanan menuju Sisteron itu sama sekali tidak datar. Ada empat tanjakan Kategori 3 dan 4 yang harus dilewati.

Setelah melalui tanjakan-tanjakan itu, para pembalap tiba di bagian akhir di Sisteron. Satu per satu tim mulai menyusun keretanya. Sprinter-sprinter top menumpuk di baris terdepan. Mulai Peter Sagan (Bora-Hansgrohe), Giacomo Nizzolo (NTT), Matteo Trentin (CCC), serta Ewan dan Bennett.

Ewan, yang memenangkan tiga etape di Tour de France 2019, baru bergerak agresif kurang dari 200 meter terakhir. Dalam adu sprint itu, Ewan muncul dari arah kanan di belakang Bennett. Ia menguntit rider asal Irlandia ini kemudian menyalipnya guna memenangkan etape ketiga.

Ewan berteriak kegirangan saat melewati garis akhir. Kemenangan ini menjadi obat setelah Lotto Soudal kehilangan dua pembalap andalan, John Degenkolb dan Philippe Gilbert akibat kecelakaan di etape pertama lalu. Insiden itu membuat tim asal Belgia ini harus menyelesaikan TdF 2020 dengan enam rider saja.

"Dua hari terakhir tidak bagus bagi kami. Kami kehilangan dua orang dan turun dengan enam pembalap. Tapi semua orang tetap termotivasi. Kami semua tahu bahwa jika semua berjalan lancar maka saya bisa memenangkan sprint," kata Ewan seusai balapan.

Victory di Sisteron memperpanjang catatan manis Ewan di Tour de France. Total ia mendapatkan empat kemenangan etape di balapan paling bergengsi di dunia tersebut. "Ini membuktikan bahwa kemenangan tahun lalu bukan hanya kebetulan," tegasnya.

Sementara itu, kemenangan Ewan tak menggoyahkan posisi Julian Alaphilippe sebagai pemuncak General Classification (GC). Walaupun finis ke-58 di etape ketiga, kapten tim Deceuninck-Quickstep itu masih berhak mengenakan yellow jersey di etape keempat, Selasa (1/9) malam.

"Saya sangat senang mengenakan jersey kuning. Kami mempertahankannya hari ini dan kami akan melakukannya lagi Selasa nanti. Ada pendakian besas untuk mencapai finis di etape keempat. Tapi saya harap kami akan melakukannya," bilang Alaphilippe.

Etape keempat akan membawa pembalap menyisir Sisteron menuju Orcieres-Merlette sepanjang 160,5 kilometer. Inilah etape pertama yang berakhir di tanjakan. Balapan akan berakhir di tanjakan Kategori 1 Orcieres-Merlette. Panjang tanjakan ini 7,1 kilometer dengan gradien rata-rata 6,7 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Caleb Ewan (Australia), Lotto-Soudal 5 jam 17 menit 42 detik
2. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +0
3. Giacomo Nizzolo (Italia), NTT Pro Cycling +0
4. Hugo Hofstetter (Prancis), Israel Start-Up Nation +0
5. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
6. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +0
7. Cees Bol (Belanda), Sunweb +0
8. Matteo Trentin (Italia), CCC Team +0
9. Bryan Coquard (Prancis), B&B Hotels-Vital Concept +0
10. Niccolò Bonifazio (Italia), Total Direct Energie +0

General Classification usai 3 dari 21 Etape (Top Ten)
1. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-Quickstep 13 jam 59 menit 17 detik
2. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +4 detik
3. Marc Hirschi (Swiss), Sunweb +7
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +17
5. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +17
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +17
7. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +17
8. Sergio Higuita (Kolombia), EF Pro Cycling +17
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +17
10. Esteban Chaves (Kolombia), Mitchelton-Scott +17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 11

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, ASO


COMMENTS