Pangdam Brawijaya Gandeng Cyclist Sebar Masker ke Masyarakat
by - August 02, 2020

Ide brilian dibuat Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Ia melibatkan partisipasi publik secara masif untuk bersama-sama menekan angka penularan Covid-19 di Jawa Timur (Jatim).

Salah satu cara itu dilakukan dengan melibatkan komunitas-komunitas untuk membagikan masker ke masyarakat. Diharapkan saat membagikan masker itu, komunitas yang terlibat juga mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan lainnya seperti rajin cuci tangan dan menjaga jarak.

Widodo menjelaskan, komunitas cukup efektif menjadi mitra kerja sama dalam pembagian masker ke masyarakat. "Kenapa komunitas? Karena komunitas memiliki anggota yang cukup banyak. Komunitas akan kami jadikan agen, anggota komunitas inilah yang bisa memberikan masker kepada seluruh lapisan masyarakat, sampai kepada lapisan terbawah," jelas Pangdam kepada Mainsepeda.com.

Akhir pekan lalu Kodam V/Brawijaya menggandeng komunitas sepeda dan komunitas motor. Minggu (2/8) pagi giliran komunitas mobil tua yang mendapatkan bantuan 10 ribu masker. "Saya juga berterima kasih atas bantuan masker dari komunitas di bawah Brawijaya Cycling Club yang dikoordinasi oleh John Boemihardjo," ujar Widodo. Ke depan, masker itu juga akan dibuat khusus dan dibagikan ke seluruh Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah Jawa Timur," terang Widodo.

Dengan pembagian masker tersebut, Pangdam berharap masyarakat tidak hanya memiliki satu masker saja. Akan lebih baik jika setiap orang memiliki lebih dari satu. Sehingga pemakaiannya bisa bergantian. Ketika satu masker dicuci, masker lain bisa digunakan.

"Dengan masyarakat bermasker, kita bisa mengubah perilaku. Harapannya menggunakan masker menjadi kebutuhan. Baik untuk melindungi dirinya maupun masyarakat di sekitarnya," jelas pria kelahiran Surabaya tersebut.(mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 7: Gowes di Luar Negeri Belum Tentu Lebih Mahal

Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS