Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2020
Digelar 17 Oktober, Pendaftaran Mulai 1 Agustus
by - July 31, 2020

Jadwal Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2020 berubah. Ajang gowes paling seru di ujung timur Pulau Jawa itu akan dilaksanakan 17 Oktober mendatang. Bagi cyclist yang berminat harus segera bersiap-siap. Sebab registrasi akan dibuka kembali pada 1 Agustus besok di Mainsepeda.com dan Banyuwangisport.com.

Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2020 seharusnya dilangsungkan 11 Juli kemarin. Namun pandemi Covid-19 membuat event ini dijadwal ulang. Setelah berembuk dengan otoritas terkait, diputuskan bahwa ajang gowes ini akan dilaksanakan 17 Oktober nanti.

"Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge tahun ini akan kami gelar dengan habit yang baru. Dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," kata Guntur Priambodo, penggagas event ini.

Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2020 menyajikan rute pendek. Hanya 34,05 kilometer saja. Tapi para peserta bisa merasakan sensasi bersepeda ala pembalap dunia yang setiap tahun mengikuti International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI).

Oleh karena itu, rutenya pun disuaikan dengan etape 4 ITdBI. Untuk diketahui, etape 4 menjadi queen stage (etape penentu) di setiap gelaran ITdBI. Inilah etape 'neraka' di ITdBI. Para pembalap harus menaklukkan tanjakan di Gunung Ijen dengan gradien maksimal 28 persen.

Bedanya, para peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2020 tak akan finis di Paltuding seperti para pembalap pro itu. Jadi, setelah start dari Pendopo Sabha Swagata, para peserta akan mendaki Gunung Ijen dan finis di Gatasan. Gradien maksimalnya sekitar 18 persen.

"Rutenya kami pangkas untuk menghindari pusat keramaian di tengah kota. Dalam rute baru ini kami mencoba mengurangi kemungkinan penularan virus korona," jelas cyclist sekaligus pentolan Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC) itu.

Guntur menambahkan, Banyuwangi termasuk daerah dengan tingkat penyebarannya virus yang tidak semasif seperti di Surabaya. Meski begitu, pihaknya tetap menyusun protokol kesehatan berlapis demi kelancaran Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2020

"Kami buat dengan cara baru tapi tidak mengurangi esensi dari ajang ini," jelas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi tersebut.

Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2020 menyiapkan sejumlah kategori. Masih ada kategori race untuk berbagai kelompok umur. Kemudian masih ada kategori peloton non-kompetitif, untuk para penghobi yang tidak ingin balapan.(mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 7: Gowes di Luar Negeri Belum Tentu Lebih Mahal

Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS