Tour de Borobudur 2020 Start 15 Agustus
by - July 30, 2020
Tour de Borobudur 2020 Start 15 Agustus
by MainSepeda - July 30, 2020

Tour de Borobudur XX 2020 hadir dengan kemasan berbeda. Event balap sepeda terbesar di Jawa Tengah (Jateng) tersebut akan dimulai 15 Agustus nanti. Rencananya, Tour de Borobudur akan dilaksanakan setiap akhir pekan dan tiap hari libur nasional.

TdB telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-20. Rencananya, event ini akan dibuat lebih heboh dari edisi sebelumnya. Sayang rencana tersebut ambyar gara-gara pandemi coronavirus. Samba (Semarang Bicycle Association) sebagai pihak penyelenggara langsung mencari cara agar event ini tetap terlaksana.

Setelah berkonsulasi dengan semua pihak, terutama otoritas kesehatan dan keamanan, Samba akhirnya menemukan formula baru untuk TdB tahun ini. "Jadi kami laksanakan setiap weekend dan libur nasional. Kami gelar selama tiga bulan. Mulai 15 Agustus besok," ungkap Lo Tik Yong, komandan Samba.

Samba (Semarang Bicycle Association) konsisten menggelar Tour de Borobudur dalam 20 tahun terakhir

Jumlah pesertanya pun dibatasi. Sekali gowes maksimal 50 cyclist. Semuanya harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak. Rutenya juga dipangkas menjadi 111 kilometer saja. Peserta akan berangkat dari Kota Semarang menuju Candi Borobudur di Magelang.

"Untuk 15 Agustus nanti ini kami gelar khusus tenaga medis. Kami ingin memberikan apresiasi kepada mereka yang telah berjuang di garda terdepan melawan pandemi Covid-19 ini," kata bilang Ko Chay, sapaan akrabnya.

Selanjutnya, pada 16 Agustus, giliran cyclist dari kalangan TNI/Polri yang berkesempatan menjajal rute TdB tahun ini. Selain itu, Samba juga menggelar TdB edisi kemerdekaan pada 17 Agustus nanti. "Pesertanya 17 cyclist perempuan, delapan road captain, dan 20 cyclist laki-laki. Jadi totalnya 45 cyclist," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyambut positif perubahan konsep TdB tahun ini. Ganjar menyadari bahwa mustahil untuk menggelar TdB seperti tahun kemarin. Sebab ada protokol kesehatan yang harus ditaati pada masa transisi menuju kebiasaan baru ini.

"Jadi Tour de Borobudur akan dibuat per hari libur. Setiap mereka akan gowes bersama, kami batasi sekitar 30 sampai 50 orang saja. Sehingga marwah sport tourism-nya sudah siap. Kami bikin Tour de Borobudur ini sampai akhir tahun," ucap Ganjar.

Ganjar menambahkan, TdB tahun ini akan start 15 Agustus nanti. "Tanggal 15 Agustus adalah hari ulang tahun Provinsi Jawa Tengah. Ini hari yang sangat spesial untuk Jateng," terang pendukung klub tersukses di Inggris, Manchester United tersebut. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 7: Gowes di Luar Negeri Belum Tentu Lebih Mahal

Foto: Dewo Pratomo, Samba


COMMENTS