Grand Depart Tour de France Segera Digelar di Italia

Semula mustahil bagi Tour de France untuk menggelar Grand Depart di Italia. Tapi ini adalah cerita lama. Sejarah baru akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan. Dua regioni di Italia, Emilia-Romagna dan Tuscany siap menjadi Grand Depart event bersepeda paling populer di dunia itu.

Sebuah pertemuan penting digelar di Bologna tengah pekan ini. Pertemuan itu dihadiri oleh Presiden regioni Emilia-Romagna Stefano Bonaccini, Wali Kota Florence Dario Nardella, manjer tim balap sepeda Italia Davide Cassani, dan Direktur Tour de France Christian Prudhomme.

Pertemuan itu membahas rencana menggelar Grand Depart Tour de France di Emilia-Romagna dan Florence yang mewakili regioni Tuscany. Kedua wilayah ini telah bersepakat untuk bersatu dengan menggelar Grand Depart pertama di Italia.

"Sebuah showcase internasional yang sangat penting untuk festival olahraga yang mampu memobilisasi penggemar di mana-mana dan peluang wisata dan peningkatan keunggulan teritorial," tulis laman resmi pemerintah regioni Emilia-Romagna.

Menjadi Grand Depart Tour de France diharapkan mendongkrak sektor pariwisata di kedua daerah tersebut. Selain itu, mereka juga ingin memperkenalkan budaya, seni, lansekap, mode, bahkan kuliner.

"Juga terkait tradisi bersepeda kami, dengan figur-figur yang telah memenangkan Tour de France seperti Fausto Coppi, Gino Bartali, Ottavio Bottecchia, Gastone Nencini, Felice Gimondi, Marco Pantani dan Vincenzo Nibali," imbuhnya.

Rencana ini sebenarnya sudah dibocorkan Wali Kota Dario Nardella sebulan yang lalu. Nardella mengatakan, Tuscany telah bergabung dengan Emilia-Romagna dan mendaftarkan diri menjadi Grand Depart Tour de France pada masa pendatang. Bahkan kedua wilayah ini juga berencana mencalonkan diri sebagai host Olimpiade 2032.

"Ini akan menjadi peristiwa bersejarah. Tour de France sudah dimulai dari banyak negara di luar Perancis, tetapi tidak pernah dari Italia," kata Nardella seperti yang dilansir Velonews.

Tour de France kali pertama dimulai di luar Prancis pada 1954. Saat itu Grand Depart dilakukan di Amsterdam, Belanda. Sejak saat itu Grand Depart Tour de France sering dilakukan di luar Perancis. Seperti di Brussels (Belgia), Cologne (Jerman), Basel (Swiss), San Sebastian (Spanyol), Dublin (Irlandia), dan Yorkshire (Inggris). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 6: Tips Touring dan Tempat Gowes Paling Asyik di Indonesia

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, Regioni Emilia-Romagna


COMMENTS