Pandemi Covid-19 membuat jadwal balap sepeda dibuat sangat padat. Banyak event yang saling tumpang tindih. Balapan paling bergengsi di dunia, Tour de France pun demikian. Schedule Tour de France tahun ini akan berhimpitan dengan Kejuaraan Dunia road race di Aigle-Martigny, Swiss.

Tour de France 2020 start 29 Agustus hingga 20 September. Sementara Kejuaraan Dunia road race dimulai 20 September, atau bertepatan dengan etape terakhir Tour de France. Ajang yang digelar di Aigle-Martigny ini akan dibuka dengan balapan Individual Time Trial (ITT) Men Elite.

Jadwal yang tumpang tindih ini membuat sebagian pembalap pusing. Salah satu rider andalan Groupama-FDJ, Stefan Kung akhirnya memutuskan melewatkan etape pamungkas Tour de France demi turun di Aigle-Martigny. Kung diplot membela Swiss dalam balapan ITT.

"Anda tidak bisa melewatkan Kejuaraan Dunia. Apalagi digelar di rumah sendiri," ucap pembalap kelahiran St. Gallen, Swiss ini kepada Blick.

Kung tak menampik jika jadwal yang tumpang tindih ini sebenarnya amat menjengkelkan. Sebab ia juga ingin menyelesaikan Tour de France sebelum bertarung di kejuaraan dunia. Sayang jadwal anyar tidak memungkinkan hal itu terjadi. "Saya tidak bisa mengerti mengapa balapan tidak bisa ditunda dari Minggu hingga Rabu," katanya.

Kung memang jagoan di disiplin ITT. Ia adalah pemegang empat gelar juara nasional ITT di Swiss. Selain itu, pembalap 26 tahun ini tercatat sebagai peraih medali perunggu pada kejuaraan dunia 2019 di Yorkshire, Inggris. Tak mengherankan apabila ia sempat galau memilih Tour de France ada kejuaraan dunia.

"Itu selalu menjadi mimpi bisa membalap ke Champs-Elysées pada Minggu ketiga. Tapi hal itu tak akan terjadi kali ini. Bahkan jika kejuaraan dunia ditunda hingga Rabu," imbung pembalap berjuluk King Kung itu.

Lain halnya dengan Kung, trio pembalap Jumbo-Visma, yakni Tom Dumoulin, Primoz Roglic dan Wout van Aert memutuskan bertahan hingga berakhirnya Tour de France. Mereka rela melewatkan balapan ITT di Kejuaraan Dunia tahun ini. (mainsepeda)

Episode Kelima Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Apa Upgrade Sepeda Paling Penting?

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS