Wales Pasang Rambu Peringatan Jaga Jarak dengan Pesepeda

Pemerintahan wilayah Gwynedd, Wales, Inggris Raya mulai memasang rambu-rambu baru untuk melindungi pesepeda. Rambu baru ini mengingatkan pengguna mobil atau motor untuk menjaga jarak dari pesepeda setidaknya 1,5 meter.

Menurut BBC, rambu-rambu ini telah dipasang di sepanjang rute bersepeda populer di Taman Nasional Snowdonia. Rambu-rambu telah ditempatkan di sejumlah jalan di dalam taman nasional. Termasuk di Llanberis Pass, Pen y Gwryd, Nant Gwynant, Drws y Coed, Ogwen Valley, dan Dyffryn Mymbyr.

Dewan wilayah Gwynedd berharap rambu-rabu ini membuat para pesepeda tetap aman seiring dengan meningkatnyaarus lalu lintas setelah berakhirnya masa lockdown. "Kami merasa pesan itu harus jelas bagi pengemudi kendaraan bermotor," kata Dylan Jones, manajer lalu lintas untuk dewan Gwynedd.

Jones menambahkan, pihaknya menyadari popularitas sepeda semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, pandemi ini membuat sepeda semakin meroket. Baik sebagai alat transportasi maupun olahraga.
Di sisi lain konflik antara pesepeda dengan pengemudi kendaraan bermotor masih sering terjadi. Utamanya ketika akhir pekan. "Rambu-rambu itu akan mengirim pesan bahwa perlu ada jarak yang aman ketika melewati pesepeda," lanjut Jones.

Pemasangan rambu untuk melindungi pesepeda ini mendapat acungan jempol dari GoSafe, Kemitraan Pengurangan Korban Jalan Raya di Wales. GoSafe sepenuhnya mendukung uji coba rambu lintas jarak aman untuk pesepedas di jalan-jalan di Gwynedd.

"Kami mengimbau setiap pengemudi kendaraan bermotor untuk mengamati jarak yang aman dan memainkan peran mereka dalam membuat jalanam lebih aman untuk semua orang," harap Teresa Ciano, Manajer Kemitraan GoSafe dalam laman resminya.

Ann Williams, anggota klub sepeda Dwyfor juga sepakat dengan pemasangan rambu ini. Menurutnya, Taman Nasional Snowdonia memang ramai dengan wisatawan. Utamanya selama musim panas. "Mudah-mudahan itu akan ditiru di seluruh negeri," harapnya. (mainsepeda)

Episode Keempat Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Tips beli sepeda, mahal atau murah? karbon atau besi?

Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS