Bersepeda menjadi pilihan masyarakat dunia menyambut era new normal. Selain untuk berolahraga, bersepeda juga menjadi opsi untuk moda transportasi. Pemerintah kota besar di dunia meresponnya dengan memperbanyak jalur sepeda.

Pemerintah di kota-kota besar di Eropa seperti London, Paris, Berlin, hingga Milan telah mengambil kebijakan ini. Pun demikian dengan dua kota di Amerika Serikat, New York dan Oakland. Pemerintah setempat juga menyediakan koridor baru sepanjang puluhan kilometer sebagai jalur sepeda.

Salah satu kota besar di Australia, Melbourne juga melakukannya. Pemerintah Kota Melbourne mempercepat pemasangan jalur sepeda sepanjang 40 kilometer. Peningkatan infrastruktur ini diharapkan mendorong lebih banyak orang untuk bike to work. Sehingga mengurangi kemacetan dan kepadatan di transportasi massal.

"Bersepeda dan berjalan telah meningkat popularitasnya selama pandemi. Saya berharap dapat melihat banyak orang Melbourne menikmati kota kami dengan bersepeda. Terutama mereka yang bersepeda sebagai cara untuk tetap bugar dan sehat selama pandemi," bilang Wali Kota Melbourne Sally Capp dalam rilis resminya.

Sally Capp menambahkan, dengan melacak jalur sepeda di rute-rute utama, pihaknya menciptakan jalan-jalan yang membuat orang merasa percaya diri untuk bersepeda. Sehingga memberikan ruang di jalan, bus, trem, dan kereta api.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa sangat penting untuk menciptakan perlindungan fisik dari kendaraan bermotor untuk mendorong lebih banyak orang bersepeda di pusat kota," imbuh pejabat kelahiran Papua Nugini tersebut.

Jalur sepeda ini akan dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama sepanjang 20 kilometer. Pemkot Melbourne mengalokasikan dana 16 juta AUD untuk membangun jalur sepeda di Exhibition Street, Rathdowne Street, William Street, Abbotsford Street, dan Swanston Street. Proyek ini diperkirakan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

Anggota Dewan Nicolas Frances Gilley mengatakan, proyek ini akan dimulai dengan membuat jalur sepanjang 3,5 kilometer di Exhibition Street dan Rathdowne Street. Surat kabar The Age melaporkan, total 228 ruang parkir akan dihilangkan dari jalan-jalan kota untuk memberikan ruang bagi jalur sepeda baru.

"Kami akan menggunakan plastik, karet dan bahan daur ulang yang dapat dipasang dengan cepat sehingga kami dapat mempercepat pembuatan jalur sepeda," jelas Ketua Portofolio Transportasi Kota Melbourne itu.(mainsepeda)

Foto: Margaret Burin, Twitter Sally Capp


COMMENTS