Greg van Avermaet, peraih medali emas di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro di Brasil ini siap memulai petualangan bersama tim baru. Kontrak Van Avermaet di CCC Team akan habis tahun ini. Tim yang terdaftar di Polandia itu mengalami krisis finansial dan ditinggal oleh sponsor utama pada akhir 2020 nanti.

Van Avermaet memang tak lagi muda. Usianya sudah 35 tahun. Meski demikian, rider asal Belgia tersebut masih optimistis bisa bersaing dan meraih kemenangan di beberapa kejuaraan. Selain itu, ia juga percaya diri akan mendapatkan tim yang bagus tahun depan.

"Bagaimanapun masih ada yang berminat kepada saya. Prestasi saya masih ada. Saya adalah pembalap one-day terbaik dalam balapan UCI tahun lalu," kata Van Avermaet kepada Sporza.

Terlepas dari kontraknya habis pada akhir musim nanti, saat ini timnya mengalami masalah finansial. CCC, perusahaan sepatu dan tas asal Polandia, merugi akibat pandemi coronavirus. Mereka memutuskan menarik diri dari sponsor utama CCC Team pada akhir musim nanti. Padahal mereka masih terikat kontrak hingga 2021.

Menurut mantan pembalap Omega Pharma-Lotto itu, kondisi ini sudah pernah ia alami pada 2018 lalu. Ketika BMC Racing Team kelimpungan setelah BMC sebagai sponsor utama memutuskan mundur. Kemudian mereka berganti sponsor utama dan berubah nama menjadi CCC Team.

"Saya pasti terbuka untuk petualangan baru. Ini sedikit cerita yang sama dengan BMC. Saat itu, CCC ditemukan pada menit terakhir. Kalau tidak, saya mungkin akan pergi juga. saya terbuka untuk itu. saya melihat diriku mengendarai untuk banyak tim," tegasnya.

Meski timnya sedang kesusahan, Van Avermaet berjanji akan menyelesaikan sisa kontraknya dengan performa maksimal. Apalagi ia telah membela tim ini selama sepuluh tahun. Akan sangat memalukan jika ia tiba-tiba pergi di pertengahan musim di saat timnya sedang susah.

"Mudah-mudahan, masih ada sponsor yang tertarik untuk menjaga proyek ini tetap hidup," harap pemenang Paris-Roubaix 2017 ini.(mainsepeda)

Foto: Bettini Photo


COMMENTS