Sepeda ini sangat spesial. Milik mantan juara dunia tiga kali, Peter Sagan. Semakin spesial karena Sagan memberikannya kepada sosok istimewa, Paus Fransiskus. Dua tahun lalu Sagan bertemu Paus di Vatikan. Ia memberikan sepeda Specialized bercorak putih-kuning sebagai hadiah.

Sagan bertemu dengan Paus Fransiskus pada Januari 2018. Ia datang dengan buah tangan berupa jersey juara dunia yang ia rebut pada musim 2017. Selain jersey yang sudah ditandatangani itu, Sagan memberikan hadiah sepeda khusus yang dicat dengan warga bendera Vatikan, putih-kuning.


Momen tersebut sangat membekas bagi pembalap asal Slovakia tersebut. Menurut rider andalan tim Bora–Hansgrohe ini, pertemuannya dengan Paus Fransiskus tak lepas dari tim Specialized di Italia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada teman saya di Specialized Italia yang memberikan kesempatan unik ini kepada saya dan keluarga untuk bertemu dengan Paus. Saya tidak akan pernah melupakan pengalaman sekali dalam seumur hidup ini," tulis Sagan di akun Twitter-nya.

Kini sepeda itu akan dilelang dalam kampanye "We Run Together". Dana hasil penjualannya akan diberikan kepada wilayah-wilayah di Italia yang sedang terpuruk karena pandemi Covid-19. Dimulai Senin (8/6) hari ini, sepeda hadiah Sagan kepada Paus menjadi item pertama yang ditawarkan.

Barang-barang lain yang dilelang adalah jersey dan ban kapten milik legenda AS Roma, Francesco Totti. Program ini juga akan melelang baju renang dan topi dari juara Olimpiade, Federica Pellegrini. Selain itu ada banyak barang berharga lainnya yang akan dilelang.

Dana yang terkumpul akan disalurkan kepada rumah sakit Papa Giovanni XXIII di Bergamo, dan Fondazione Poliambulanza di Brescia. Lelang berlangsung di situs Charitystars.com mulai Senin selama dua bulan. Akan ada item baru setiap minggu. Setiap lelang akan berlangsung selama sepuluh hari.(mainsepeda)

Foto: Attilio Capra


COMMENTS