Peringati Hari Sepeda Dunia, UCI Bikin Gowes Virtual di Zwift

Selamat hari sepeda dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan 3 Juni sebagai World Bicycle Day pada 12 April 2018 lalu. Rabu (3/6) hari ini Union Cycliste Internationale (UCI) memperingati hari sepeda dunia dengan mengadakan gowes virtual di Zwift.

UCI menggelar event bertajuk World Bicycle Day UCI Ride. Mereka akan menghadirkan empat bintang balap sepeda. Nama pertama yang berpartisipasi adalah Victor Campenaerts (NTT Pro Cycling). Juara Individual Time Trial (ITT) Eropa 2017 dan 2018 ini adalah pemegang UCI Hour record.

Figur kedua yang akan berpartisipasi adalah Jolanda Neff (Trek–Segafredo). Pembalap 27 tahun ini merupakan juara dunia cross country (XC) 2017. Selanjutnya ada nama Chloe Dygert (Sho-Air TWENTY20). Dygert tercatat sebagai juara dunia ITT 2019.

Sosok terakhir yang ambil bagian di World Bicycle Day UCI Ride adalah Chris Froome. Pembalap senior Team Ineos ini merupakan pemegang empat gelar Tour de France. Selain itu, Froome juga memiliki dua titel Vuelta a Espana dan satu gelar Giro d'Italia.

"Saya punya beberapa agenda di Zwift selama minggu depan. Pertama saya akan bergabung dengan UCI untuk event World Bicycle Day. Jangan sampai ketinggalan," tulis Froome dalam akun Twitter-nya, Selasa (2/6) malam.

World Bicycle Day UCI Ride akan dibagi dalam empat sesi. Masing-masing sesi akan memunculkan nama-nama di atas. Campenaerts menjadi penampil pertama. Ia akan nge-Zwift mulai pukul 09.00 CET (14.00 WIB). Dilanjut Jolanda Neff yang akan nge-Zwift pukul 12.00 CET (17.00 WIB).

Selanjutnya ada Chris Froome yang akan nge-Zwift mulai 18.00 CET (23.00 WIB). Acara World Bicycle Day UCI Ride akan ditutup dengan nge-Zwift bareng Chloe Dygert pada pukul 21.00 CET (Kamis dini hari).

Tak sekadar peringatan, UCI juga menggalang donasi untuk mendukung World Bicycle Relief (WBR). WBR, organisasi non-profit yang berbasis di Chicago, punya misi untuk mengubah kehidupan pelajar, petugas kesehatan, dan pengusaha di daerah pedesaan di negara berkembang melalui sepeda.

"Sumbangan untuk WBR (dan jumlah berapa pun membuat perbedaan!) dapat mengubah dunia untuk komunitas di negara-negara berkembang," tulis UCI dalam laman kampanyenya.(mainsepeda)

Foto: UCI


COMMENTS