Emanuel Buchmann Klaim Pecahkan Rekor Baru Everesting
by - May 30, 2020
Emanuel Buchmann Klaim Pecahkan Rekor Baru Everesting
by MainSepeda - May 30, 2020

Rekor Everesting kembali pecah. Kali ini dilakukan oleh Emanuel Buchmann, member tim WorldTour, BORA-Hansgrohe. Pembalap asal Jerman tersebut menanjak total 8.848 meter dengan catatan waktu hanya 7 jam dan 28 menit. Buchmann hanya tunggu pengesahan atas rekor anyarnya itu.

Rider 27 tahun ini menyelesaikan tantangan Everesting di Otztal, Austria, Jumat (29/5) kemarin. Tempat tersebut rencananya akan menjadi lokasi pemusatan latihan tim BORA-Hansgrohe menyambut kelanjutan musim 2020. Agenda itu bakal dilakukan mulai pertengahan Juni nanti.

Laman BORA-Hansgrohe menjelaskan bahwa Buchmann mengonsumsi tujuh bar, enam gel dan sebelas bidon untuk membereskan tantangan ini. Menurut mereka, tantangan Everesting adalah bukti jika Buchmann merupakan salah satu climber paling berbakat saat ini.

"Ini adalah salah satu hal tersulit yang pernah saya lakukan. Saya tidak berpikir itu akan sangat menyakitkan sampai akhir. Pada awalnya saya menemukan ritme yang baik dan kemudian memutuskan untuk mendorong dengan keras. Setelah 7000 meter pendakian, saya mulai merasakan otot-otot saya mulai sakit," ungkapnya.

Sebenarnya, sebagai pembalap profesional, Buchmann tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan pelbagai macam tantangan. Termasuk Everesting. Akan tetapi, pandemi coronavirus membuat agenda balapan musim 2020 terhenti. Kompetisi akan berlanjut mulai 1 Agustus nanti.

"Dari perspektif kinerja, tidak banyak yang bisa ditambahkan karena angka-angka sudah menceritakan kisahnya. Bahkan tanpa persiapan khusus, Emanuel melakukan perjalanan brilian dan membuktikan bahwa ia pasti siap untuk Tour de France tahun ini," kata head coach BORA-Hansgrohe, Dan Lorang.

Selain memecahkan rekor Everesting, aksi Buchmann juga bertujuan mengumpulkan sumbangan untuk Deutsches Kinderhilfswerk (Dana untuk anak-anak Jerman). Hingga berita ini ditulis, Buchmann sudah mengumpulkan 14,745 Euro dari target 88,848 Euro.

Sebelumnya, Phil Gaimon mengukir rekor dunia Everesting pada 11 Mei lalu. Ia menanjak total 8.918 meter dalam waktu 8 jam dan 4 menit. Rekor ini kemudian dipecahkan oleh Keegan Swenson pada 15 Mei. Swenson menanjak total 9.046 meter dengan catatan waktu 7 jam 51 menit dan 45 detik.(mainsepeda)


COMMENTS