Louis Meintjes Juara Alpe du Zwift, Amankan Gelar untuk Tim NTT

Louis Meintjes berhasil mengamankan gelar juara overall untuk Tim NTT Pro Cycling di Zwift Tour For All Professional. Pada Jumat (8/5), pembalap asal Afrika Selatan itu meraih kemenangan di etape penutup sekaligus terberat. Yaitu rute Quatch Quest di Watopia, berjarak 46,5 km dengan total elevasi 1.682 meter.

Etape kelima ini berujung tanjakan terberat di dunia virtual Zwift, yaitu Alpe du Zwift. Tanjakan ini adalah replika dari Alpe d'Huez, tanjakan 12,2 km yang rutin dipakai di Tour de France. Dengan kemiringan rata-rata 8 persen, dengan total 21 kelokan, tanjakan itu benar-benar menyengat.

Di awal tanjakan, Meintjes mencoba melarikan diri bersama Freddy Ovett (Israel Start-Up Nation) dan Louis Vervaeke (Alpecin-Fenix). Dua superstar climbing, Adam Yates (Mitchelton-Scott) dan Rigoberto Uran (EF Pro Cycling) tak mampu bertahan di kelompok depan.

Rupanya ini bisa dimaklumi, mengingat para pembalap balapan di tempat tinggal masing-masing. Yates sedang berada di Andorra, sedangkan Uran di Colombia. Keduanya berada di kawasan ketinggian, sehingga oksigen tipis di rumah masing-masing membuat mereka lebih kesulitan bernapas.

James Piccoli (Israel Start-Up Nation) mencoba agresif, tapi tak mampu bertahan terus di depan. Menjelang kilometer akhir, Meintjes tancap gas hingga 7 watt/kg, menekan tombol PowerUps, dan melepaskan diri.

Lewis Hamilton (Mitchelton-Scott) mencoba mengejar, tapi akhirnya harus rela finis kedua, hanya satu detik di belakang Meintjes. Rekan Meintjes, Stefan de Bod, mampu finis ketiga. Perolehan poin NTT pun tak tertandingi.

Zwift Tour For All Professional ini memang menggunakan sistem poin total. Tim yang menempatkan sebanyak mungkin pembalap di depan meraup lebih banyak poin. Pada empat etape awal, 25 finisher pertama dapat poin. Pada etape kelima, hanya sepuluh besar dapat poin.

Pada akhirnya, NTT meraup total 397 poin. Mitchelton-Scott di urutan kedua, agak jauh dengan 241 poin.

Sepanjang etape penutup, Tim NTT menggunakan komunikasi internal untuk saling mendukung. Mereka benar-benar menarget juara overall.

Bagi Meintjes, ini merupakan hasil memuaskan. Dia dikenal sebagai climber istimewa, namun beberapa tahun terakhir sering mengalami cedera. Sudah lima tahun dia tidak menang di jalan, sekarang menang di jalanan virtual.

Dia benar-benar senang dengan lomba Zwift ini, membuat rasa bosan terkekang di rumah jadi terobati. "(Masa-masa lockdown) ini bikin frustrasi, tapi tim selalu menjaga semangat kompetitif kami dan saya menikmati balapan (virtual) ini. Saya mempersiapkan diri seperti akan menghadapi lomba normal, sempat nervous saat start. Ini membuat kami tetap sibuk dan tetap merasa seperti pembalap profesional," tuturnya.

Para pembalap WorldTour sekarang memang sudah mulai meningkatkan intensitas latihan. Jadwal lomba UCI sudah dirilis, dengan kalender lomba dimulai 1 Agustus. Dengan catatan, situasi Covid-19 tetap terkendali. (mainsepeda)

Hasil Etape Final Zwift Tour For All Professional (Top Ten)

1. Louis Meintjes (Afsel), NTT Pro Cycling 2:23:40

2. Lucas Hamilton (Australia), Mitchelton-Scott + 1 detik

3. Stefan De Bod (Afsel), NTT Pro Cycling + 10

4. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling + 18

5. Luis Angel Mate Mardones (Spanyol), Cofidis + 19

6. James Piccoli (Kanada), Israel Start-Up Nation + 19

7. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ + 28

8. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott + 29

9. Hermann Pernsteiner (Austria), Bahrain McLaren + 29

10. Domenico Pozzovivo (Italia), NTT Pro Cycling + 37

 

Klasemen Tim Overall setelah Lima Etape

1. NTT Pro Cycling 397 poin

2. Mitchelton-Scott 241

3. Alpecin-Fenix 239

4. Israel Start-Up Nation 196

5. EF Pro Cycling 186

6. Groupama-FDJ 182

7. Bahrain McLaren 100

8. Rally Cycling 95

9. Cofidis 94

10. CCC Team 88


COMMENTS