James Piccoli Kalahkan Para Bintang Tanjakan di Epic KOM

Para raja tanjakan mendapat kesempatan untuk bersinar di etape ketiga Zwift Tour For All Professional, Rabu (6/5). Etape ini merupakan yang terpanjang, sejauh 72,6 km, memutari sirkuit fantasi Watopia. Ending-nya adalah Epic KOM, sebuah tanjakan sepanjang 9,5 km dengan kemiringan rata-rata 4 persen.

Ketika rombongan akhirnya tiba di tanjakan itu, kelompok kecil terbentuk di depan. Termasuk di dalamnya para superstar tanjakan seperti Domenico Pozzovivo (NTT Pro Cycling) dan Adam Yates (Mitchelton-Scott).

Pada kilometer terakhir, mereka saling attack. Namun akhirnya kemenangan diraih oleh James Piccoli asal Kanada, yang membela Israel Start Up Nation. Dia finis tiga detik di depan Rudy Molard (Groupama FDJ).

Yates hanya mampu finis keenam, Pozzovivo kesepuluh. Upaya Pozzovivo itu tetap sangat berarti untuk timnya, karena NTT terus bertahan di puncak klasemen tim. Zwift Tour For All Professional ini memang menghadiahkan gelar juara akhir untuk tim. Caranya, tim harus menempatkan sebanyak mungkin pembalap di urutan 25 besar di tiap etape.

Sementara itu, di kategori perempuan, kemenangan kembali diraih oleh Ashleigh Moolman Pasio. Ini adalah kemenangan kedua berturut-turut pembalap Afrika Selatan itu, sekaligus ketiga berturut-turut untuk tim CCC-Liv.

Lagi-lagi, karena total poin yang dihitung, skuad Tibco-Silicon Valley Bank tetap berada di puncak klasemen tim perempuan.

Kini, hanya ada dua etape tersisa. Kamis (7/5), para pembalap dapat bernapas sejenak dengan etape datar/rolling. Yaitu dua putaran rute Sand and Sequoias di Pulau Watopia, menempuh jarak total 42,8 km.

Dan terakhir, Jumat (8/5), adalah etape paling tinggi dan menakutkan. Yaitu rute Quatch Quest di Watopia sejauh 46,5 km. Ujungnya adalah tanjakan terberat di Zwift, yaitu Alpe du Zwift, yang merupakan replika dari tanjakan legendaris Alpe d'Huez di Prancis. Di etape penutup ini, pembalap dituntut menanjak secara virtual setinggi 1.682 meter.(mainsepeda)

Hasil Etape 3 Zwift Tour For All Professional (Top Five)

1. James Piccoli (Kanada), Israel Start Up Nation 1:41:56

2. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ + 3 detik

3. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ + 6

4. Lucas Hamilton (Australia), Mitchelton-Scott + 7

5. Louis Vervaeke (Belgia), Alpecin-Fenix + 9


COMMENTS