Colnago Sekarang Milik Perusahaan Abu Dhabi
by - May 05, 2020
Colnago Sekarang Milik Perusahaan Abu Dhabi
by MainSepeda - May 05, 2020

Merek legendaris asal Italia, Colnago, kini menjadi milik perusahaan asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Chimera Investments LLC telah mengakuisisi saham mayoritas perusahaan yang berpusat di Cambiago, dekat Milan, tersebut.

Colnago didirikan oleh Ernesto Colnago pada 1954. Mantan mekanik dan pembuat sepeda para bintang, Colnago telah membuat sepeda yang memenangi Tour de France, Giro d'Italia, Paris-Roubaix, medali emas Olimpiade, kejuaraan dunia, dan lain-lain.

Mayoritas sepeda Colnado kini memang sudah dibuat di Asia. Namun frame andalannya, seri C seperti C64 yang terbaru, masih dibentuk di Cambiago.

Kini, di usia 88 tahun, Ernesto akhirnya memutuskan masa depan perusahaannya. Kata dia, dengan hadirnya investor besar, Colnago bisa merencanakan masa depan yang jauh lebih besar lagi.

"Chimera Investments akan memberi Colnago kemampuan untuk berkembang dan meningkatkan eksistensi di semua pasar. Sambil terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk-produk Colnago. Dengan dukungan Chimera, kami punya kesempatan unik untuk terus membuat sepeda-sepeda terbaik di dunia hingga jauh ke masa depan," kata Ernesto Colnago lewat rilis resmi perusahaan.


Colnago pernah menjalin kerja sama dengan brand legendaris Italia lain seperti Ferrari. (foto: Colnago)

Chimera juga menegaskan niatan untuk menjaga nama Colnago. Ernesto akan terus dilibatkan untuk mengembangkan produk-produk di masa depan. "Tuan Colnago akan selalu menjadi Godfather dan kekuatan pemandu pengembangan-pengembaran baru nanti," kata mereka.

Dengan perubahan kepemilikan ini, Colnago menyusul merek legendaris Italia lain, Pinarello, yang tidak lagi dikuasai oleh keluarga pendiri. Pada 2016 lalu, Pinarello dari Treviso sudah lebih dulu melepas saham ke perusahaan yang berafiliasi dengan grup Louis Vuitton.

Dan pada 2020 ini, Pinarello punya CEO baru. Dia adalah Uberto Thun-Hohenstein, yang efektif memimpin Pinarello sejak 1 April lalu. Seorang cyclist, Thun-Hohenstein sebelumnya berpengalaman mengelola perusahaan-perusahaan premium Eropa.

Fausto Pinarello kini menjabat sebagai executive chairman. Fausto adalah anak dari Giovanni Pinarello, pendiri perusahaan pada 1949. (mainsepeda)

Foto: Getty Images dan Colnago


COMMENTS