Brompton Luncurkan Sistem 12-Speed Baru

Jika anda berfikir 12-speed hanya ada di sepeda balap, di awal tahun 2024 sepeda ikonik Brompton juga meluncurkan sistem baru dengan 12 percepatan. Kombinasi gir belakang empat tumpuk (4-speed cassette) dan as gir tiga percepatan (3-speed hub gear), menghasilkan sistem 12 percepatan unik. Diklaim memberikan bisa sensasi bersepeda yang lebih nyaman, dan tentu saja membuat sepeda lipat legendaris itu lebih kuat untuk diajak naik tanjakan.
 
Sebenarnya sistem itu bukan sistem yang benar-benar baru. Jika seri sebelumnya ada pilihan enam percepatan, yang berasal dari 3-speed hub gear dan 2-speed cassette di seri Explore. Di sistem yg baru ini, seri P line Urban yang memiliki 4 percepatan gir tumpuk, Brompton mengkombinasikan dengan hub gear sturmey archer 3 percepatan.
 
Kombinasi speed cassette dan hub gear sebagai drivetrain sejak awal dianggap sebagai gebrakan pintar dari Brompton. Mereka bisa mempertahankan model sepeda lipat yang sangat compact, namun tetap bisa memberikan range percepatan yang cukup banyak. Semakin ke sini semakin mendekati range percepatan sepeda road bike. Dan perlu dicatat, hal itu dilakukan Brompton dengan gir depan yang selalu tunggal.
 

Seperti halnya sistem 6-speed, sistem 12-speed baru Brompton disertai dengan dua shifter, kanan dan kiri. Shifter kanan untuk mengubah kecepatan hub gear, shifter kiri untuk memilih gir di cassette.
 
Brompton menawarkan sistem 12-speed itu pada model-model terbaru mereka. Baik untuk sepeda full gowes, maupun yang sudah dilengkapi dengan bantuan baterai listrik. (mainsepeda)


COMMENTS