Tim-tim WorldTour pekan ini bertarung lagi secara virtual. Mereka mengikuti Tour For All Professional, yang diselenggarakan lewat platform Zwift. Event ini berlangsung lima etape dalam lima hari, merasakan "dunia-dunia" yang ada di dalam Zwift.

Pada Etape 1, yang berlangsung Senin kemarin (4 Mei, Selasa dinihari WIB), lomba berlangsung di dunia Innsbruck, Austria. Tepatnya di sirkuit kota Innbruckring, sepanjang 8,8 km. Para pembalap harus mengelilinginya enam kali, menempuh jarak 52,9 km.

Sirkuit ini relatif datar, namun memiliki tanjakan pendek curam di tengah-tengah, serta jalanan berbatu yang memberi tahanan ekstra pada smart trainer yang digunakan para pembalap di rumah/markas masing-masing.

Freddy Ovett asal Australia sukses mencuri kemenangan untuk Tim Israel Start-Up Nation. Dia menang adu sprint atas Emmanuel Morin (Cofidis) dan superstar baru dunia, Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix).

Mereka bertiga melepaskan diri dari rombongan breakaway. Total sembilan pembalap punya kans menang pada km terakhir lomba.

Platform Zwift menuntut taktik serupa dengan di jalanan beneran. Pembalap bisa menghemat tenaga saat berlindung di belakang pembalap lain (drafting). Ditambah dengan fitur ala game, di mana pembalap punya tombol "PowerUp" untuk menambah kecepatan pada momen dibutuhkan. Ovett melakukan timing sprint-nya dengan sangat tepat.

Selain memenangi etape, Ovett juga membantu Israel Start-Up Nation memuncaki klasemen tim. Tour For All menggunakan format poin untuk menentukan juara. Pembalap yang finis peringkat 1-25 akan mendapatkan poin. Pembalap juga bisa menambah pundi poin dengan memenangi intermediate sprint di tiap etape. Jadi, pembalap juara nanti adalah yang poinnya terbanyak, begitu pula tim yang jadi juara.

Setelah Etape 1 ini, Ryan Gibbons dari Afrika Selatan memimpin klasemen poin untuk NTT Pro Cycling.

Total sepuluh tim tampil di Zwift Tour For All Professional ini, masing-masing menurunkan lima pembalap. Delapan adalah level WorldTour, dua lagi level Professional Continental.

Zwift Tour For All Professional ini juga menampilkan lomba kategori perempuan. Marianne Vos asal Belanda (CCC Liv) tampil sebagai pemenang etape pertama. Pernah jadi juara dunia di arena road, cyclocross, dan MTB, Vos melengkapi suksesnya di arena balapan virtual.

Etape kedua Selasa malam nanti (5 Mei, Rabu dini hari WIB) akan menyuguhkan rute virtual dari Amerika Serikat. Yaitu lintasan yang dipakai pada kejuaraan dunia 2015 di Richmond, Virginia. Bernama Cobbled Climbs, etape ini memiliki beberapa tanjakan berbatu pendek namun curam. Para pembalap harus keliling lima kali, menempuh jarak total 46,2 km. (mainsepeda)

 

Hasil Etape 1 Tour For All (Top Five)

1. Freddy Ovett (Australia), Israel Start-Up Nation

2. Emmanuel Morin (Prancis), Cofidis

3. Mathieu Van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix

4. Ryan Gibbons (Afsel), NTT Pro Cycling

5. Pier-Andre Cote (Kanada), Rally Cycling

 

Klasemen Poin Pembalap (setelah 1 dari 5 Etape)

1. Ryan Gibbons (Afsel), NTT Pro Cycling 43 poin

2. Mitch Docker (Australia), EF Pro Cycling 27

3. Mathieu Van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 27

4. Freddy Ovett (Australia), Israel Start-Up Nation 27

5. Emmanuel Morin (Prancis), Cofidis 25

 

Klasemen Poin Tim

1. Israel Start-Up Nation 88 poin

2. EF Pro Cycling 68

3. NTT Pro Cycling 63

4. Alpecin-Fenix 62

5. Cofidis 38

6. Rally Cycling 34

7. Bahrain McLaren 25

8. Mitchelton-Scott 20

9. CCC Team 12

10. Groupama-FDJ 5

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan
Attack di 60 Km Akhir, Mathieu van der Poel Menang Fenomenal di Paris-Roubaix
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg
Siap-Siap! Registrasi Bromo KOM X Dibuka Kamis, 21 Maret Pukul 03.00 WIB