Pembalap terbaik Swiss, Stefan Kung benar-benar menggila di Tour de Suisse 'Digital Swiss 5'. Kali ini ia memupuskan harapan Michael Matthews (Sunweb) untuk meraih kemenangan di etape keempat, Sabtu (25/4) malam.

Kung memaksa rider asal Australia itu puas menempati posisi kedua setelah pada beberapa kilometer menjelang finis. Ini adalah kemenangan kedua Kung di ajang ini.

Etape keempat Digital Swiss 5 menempuh perjalanan dari Oberlangenegg menuju Langnau. Total jaraknya 36.8 kilometer. Para pembalap dihadapkan dengan tanjakan Schallenberg yang terkenal 'jahat'. Setelah melintasi Shangau mereka disuguhi jalanan landai menuju garis finish di Langnau. Total ketinggian di etape ini hanya 444 meter.

Michael Matthews langsung menggebrak sejak awal balapan. Ia menempati posisi pertama. Pada awalnya ia ditempel Andre Greipel (Israel Start – Up Nation). Akan tetapi, posisi Greipel melorot saat medan mulai menanjak. Greg Van Avermaet (CCC) naik ke posisi kedua, berjarak 100 meter di belakang Matthews.

Tak lama setelah itu Van Avermaet tergusur dari tempatnya. Giliran Ethan Hayter (Team Ineos) yang menempel Matthews. Ia terpaut jarak 19 detik dengan pemimpin balapan. Hayter tak sendirian. Ia hadir bersama Silvan Dillier (AG2R La Mondiale) dan Michael Gogl (NTT).

Stefan Kung yang memperkuat tim nasional Swiss, menggeser Hayter pada 10 kilometer menjelang finis. Kung kemudian mencoba mengejar Matthews pada empat kilometer terakhir. Usahanya membuahkan hasil. Kung berhasil melengserkan Matthews dari posisi terdepan pada satu kilomater menjelang finis.

Dengan sisa tenaganya Matthews coba mengejar Kung. Sayang upayanya tak membuahkan hasil maksimal. Kung berhasil memenangkan etape keempat dengan catatan waktu 46 menit 03 detik. Matthews dipaksa puas di posisi kedua dengan gap enam detik. Sementara posisi ketiga menjadi milik Hayter.

"Saya belajar dari balapan dua hari lalu. Anda bekerja keras jika ingin menjadi pemenang. Setelah melihat Stefan (Kung) kemarin, saya tahu bahwa saya harus mencoba keluar lebih awal, dan mencoba menahannya. Tetapi terlalu kuat," ujar Matthews selepas balapan.(mainsepeda)

Hasil Etape 4 Digital Swiss 5 (Sepuluh Besar)

1. Stefan Kung (Swiss), Swiss National Federation, 46 menit 03 detik

2. Michael Matthews (Australia), Sunweb +0,6 detik

3. Ethan Hayter (Inggris), Ineos, +0,43

4. Greg Van Avermaet (Belgia), CCC, +0,57

5. Michael Gogl (Austria) NTT, +1,00

6. Silvan Dillier (Swiss), AG2R La Mondiale +1,42

7. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +1,48

8. Stephen Bassett (Amerika Serikat), Rally Cycling +1,55

9. Tobias Ludvigsson (Swedia), Groupama-FDJ +1,57

10. Nathan van Hooydonck (Belgia), CCC +2,00


COMMENTS