Tingkatkan Upaya Preventif, Batalkan Recovery Ride

Panitia Herbana Bromo KOM Challenge 2020 akhirnya membatalkan acara recovery ride yang rencananya digelar Minggu pagi (15/3). Pembatalan ini sebagai upaya peningkatan preventif menindaklanjuti imbauan yang dikeluarkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait Coronavirus.

Sebagaimana diketahui, pada Jumat (13/3) sore, Kemenpora mengadakan pertemuan dengan sejumlah operator olahraga di Indonesia. Dalam pertemuan itu, ada sejumlah poin imbauan yang disampaikan Kemenpora. Di antaranya ada poin nomer 3 yang berbunyi: "Memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora mengimbau kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak disarankan memperhatikan situasi dan kondisi di tempat kegiatan dengan sungguh-sungguh".

Imbauan Kemenpora itu juga menyikapi pernyataan terbaru WHO yang telah memutuskan bahwa Coronavirus atau COVID-19 sebagai pandemi (Baca juga: WHO characterizes COVID-19 as a pandemic), Kamis (12/3). Hingga tulisan ini dibuat memang belum ada informasi resmi tentang kasus Coronavirus di Jawa Timur. Namun, langkah antisipatif tetap perlu dilakukan untuk kepentingan keselamatan bersama.

"Saya sudah koordinasi dengan Bapak Kadispora (Kepala Dinas Kebudayaan dan Olahraga) Jatim. Beliau menyarankan memang sebaiknya acara dibatalkan sebagai upaya preventif untuk kepentingan bersama," ujar Rahmad Kartolo, dari DBL Indonesia selaku penyelenggara Herbana Bromo KOM Challenge 2020.(*)


COMMENTS