Ada Ofisial Tim Positif Coronavirus, UAE Tour 2020 Resmi Dihentikan
by - February 28, 2020

Dua etape tersisa di UAE Tour 2020 resmi dibatalkan. Penyebabnya, ada dua ofisial asal Italia dari salah satu tim peserta UAE Tour 2020 yang positif mengidap Coronavirus, alias COVID-19.

UAE Tour 2020 seharusnya berlangsung dalam tujuh etape. Mulai 23-29 Februari. Namun, satu-satunya balapan World Tour di Timur Tengah ini harus berakhir lebih cepat. Pihak penyelenggara memutuskan untuk menghentikan UAE Tour 2020, Kamis (27/2) malam waktu setempat.

"Keputusan telah diambil untuk memastikan perlindungan kepada semua peserta balapan," kata Dewan Olahraga Abu Dhabi dalam pernyataan resminya. Menurut mereka, keselamatan seluruh elemen di balapan ini adalah prioritas utama.

Kementerian Kesehatan dan Pencegahan mendatangi Crowne Royal Plaza Abu Dhabi Yas Island, Kamis malam. Hotel ini menjadi tempat menginap bagi pembalap, ofisial tim, dan awak media. Semuanya diperiksa satu per satu. Penghuni hotel ini dilarang keluar sebelum masa pemeriksaan selesai.

Tindakan ini diambil untuk menekan dan membatasi penyebaran coronavirus. Selain itu, Kementrian Kesehatan akan melakukan langkah seefisien mungkin. Termasuk pemeriksaan dan pengamatan terhadap orang-orang yang bersentuhan dengan pengidap COVID-19.

Sebelum pernyataan resmi ini diumumkan, sejumlah tim seperti Vini Zabu-KTM, dan Jumbo-Visma terlebih dulu mengabarkan bahwa dua etape tersisa di UAE Tour 2020 akan dibatalkan. Ada 13 kasus coronavirus di United Arab Emirates. Sembilan di antaranya dinyatakan pulih, dan belum ada korban yang meninggal dunia.

Megabintang balap sepeda, Chris Froome memahami dengan pembatalan dua etape terakhir di UAE Tour 2020. "Sayang sekali #UAETour telah dibatalkan. Akan tetapi, kesehatan masyarakat harus didahulukan," tulis rider Team Ineos dalam akun Twitter-nya, Jumat (28/2) pagi

"Kami semua menunggu pengujian dan akan tetap di hotel sampai pemberitahuan lebih lanjut. Saya harap mereka yang terkena dampak dari virus ini bisa cepat pulih dan tidak ada kasus lebih lanjut," imbuh pemegang tujuh gelar Grand Tour ini.

Hingga berakhirnya Etape kelima, Kamis kemarin, Adam Yates (Mitchelton-Scott) masih memuncaki general classification. Ia terpaut gap 1 menit 1 detik dari Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).(mainsepeda)


COMMENTS