Jelajah Sumbar Lewat Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020

Korem 032/Wirabraja bersiap menggelar Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020. BBGRM 2020 dilangsungkan 22 Februari nanti. Para peserta akan berkeliling ke sejumlah kota, dan kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua Pelaksana BBGRM 2020, Kolonel Inf Chrishardjoko bersama para Dandim mengadakan cek rute, Kamis (6/2) pagi. Cek rute dimulai dari Jam Gadang, Kota Bukittinggi. Rombongan bergerak menuju wilayah perbatasan Kabupaten Agam, dengan Kabupaten Tanah Datar.

Kemudian rombongan menuju Istano Basa Pagaruyung. Salah satu ikon wisata Sumbar ini terletak di Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Sekitar 47 kilometer dari titik start. Istano Basa Pagaruyung akan menjadi pit stop pertama di BBGRM 2020 nanti.

Perjalanan dilanjut menjuju pit stop kedua di Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar. Rombongan melahap rute sejauh 34 kilometer untuk salah satu nagari yang terletak di Kecamatan Batipuh Selatan itu. Kemudian berlanjut ke Danau Singkarak sebagai garis akhir dari BBGRM 2020.

Sepanjang perjalanan, rombongan disuguhi keindahan bentang alam pegunungan Sumatera Barat. Sawah yang mulai menghijau semakin memanjakan mata. Tak ketinggalan panorama indah dari Danau Singkarak yang tersohor itu.

Kolonel Inf Chrishardjoko menjelaskan, cek rute dilakukan untuk meninjau sejauh mana persiapan dari daerah yang akan dilewati BBGRM 2020. Selain itu, cek rute juga bertujuan untuk melihat kondisi jalan yang akan dilalui peserta event ini.

"Selain melihat kesiapan rute, juga untuk mengecek kondisi jalan, dan sarana lainnya. Sehingga bisa segera kami benahi," bilang Kasiren Korem 032/Wirabraja tersebut.

Sebelumnya, pihak penyelenggara masih menemukan berbagai kendala, seperti jalan berlubang. Jalan yang berlubang bisa membahayakan goweser. Sebab dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan.

"Untuk mengatasi kendala tersebut, kami kami upayakan agar jalan diperbaiki. Pengerjaannya masih berjalan sampai saat ini," jelas alumni Akmil 93 itu.

Kolonel Inf Chrishardjoko mengajak seluruh warga masyarakat Sumatera Barat untuk mendukung dengan berpartisipasi di kegiatan ini. Pendaftaran bisa dilakukan di Kodim Setempat. Gratis. Tanpa dipungut biaya.

Rencananya BBGRM 2020 akan dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman. Selain gowes, BBGRM 2020 juga akan dikemas dengan kegiatan bakti sosial.(mainsepeda)

Foto: Pen 032


COMMENTS