Demi Emas Olimpiade 2020, Valverde Lepas Tour de France

Kabar mengejutkan muncul dari Alejandro Valverde. Pembalap gaek asal Spanyol tersebut rela mengorbankan Grand Tour demi mendapatkan medali emas di Olimpiade 2020. Olimpiade menjadi tujuan besarnya tahun ini.

Valverde akan berumur 40 tahun pada April nanti. Dengan usia yang menginjak kepala empat, medali emas Olimpiade dirasa sebagai pencapaian terbesar. Selain itu, ia juga ingin mengamankan status juara dunia pada penghujung musim 2020.

Nah, Valverde harus berkorban jika ingin mewujudkan impiannya pada musim balap 2020. Oleh karena itu ia tampak meredam ambisinya di Tour de France agar bisa berbuat terbaik di Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Sebab rentan waktu antara kedua event gede ini hanya seminggu.

“Olimpiade akan prioritas!” tegas Valverde kepada Marca. “Saya ingin pergi ke Tokyo dalam kondisi sebaik mungkin. Sangat sulit untuk berada di performa terbaik di Tokyo jika Anda harus bersaing hingga akhir di Tour de France,” bilangnya.

Pasal yang sama juga berlaku di Vuelta 2020 yang akan digeber 14 Agustus-6 September. Vuelta 2020 berjarak dua pekan dari kejuaraan dunia yang berlangsung di Swiss, 20-27 September mendatang.

Namun, jadwal Vuelta sangat mepet dengan Olimpiade 2020. Hanya berjarak lima hari saja. Perlu diketahui, cabang olahraga balap sepeda di Olimpiade bakal berlangsung 25 Juli hingga 9 Agustus.

“Saya akan datang ke Vuelta dengan rasa lelah setelah berlomba di Olimpiade. Saya mungkin tidak berlomba di Vuelta degan kondisi prima. Namun ajang ini berfungsi sebagai persiapan saya menuju Kejuaraan Dunia,” jelasnya kepada Marca.

Sebagai juara dunia road race 2018, Valverde tampak tak terlalu berambisi untuk mengulang prestasinya pada 2020. Mengenakan jersey pelangi pada musim balap 2019 adalah kebanggan besar untuknya.

“Kejuaraan Dunia juga termasuk acara penting. Tetapi saat ini saya fokus pada Olimpiade. (Emas Olimpiade) adalah prestasi luar biasa yang tidak saya miliki. Itu membuat saya lebih bersemangat,” terangnya.(mainsepeda)


COMMENTS