RGT Cycling, Pesaing Zwift yang Gratis dan Bisa Semua Rute Dunia

Bagi yang hobi sepeda dan suka latihan di rumah, aplikasi Zwift mungkin yang paling populer saat ini. Kita bisa janjian sama teman, ikut balapan, ikut program terstruktur, atau sekadar putar-putar santai di dunia-dunia virtual di dalamnya.

Sejumlah aplikasi mencoba menjadi rival, namun belum ada yang benar-benar mengancam Zwift. Hingga mungkin sekarang...

Belakangan, RGT Cycling (Road Grand Tours) memposisikan diri sebagai kandidat utama penggeser Zwift. Tentu masih ada plus-minusnya, tapi mereka menawarkan "plus" yang sulit ditolak: Gratis.

Ya, pada dasarnya siapa saja bisa menggunakan RGT Cycling secara gratis. Mereka menyebutnya "Freemium." Cukup download aplikasi RGT Cycling di smartphone, lalu download lagi aplikasi RGT Screen di iPad, Laptop, atau screen lain.

Kemudian, silakan daftar (gratis), masukkan data diri, pilih avatar, sepeda, dan aksesori ala Zwift (walau belum selengkap Zwift). Dan silakan memilih beberapa rute yang disediakan.

Bagi yang ogah membayar, ada beberapa rute seru. RGT menyebutnya "Real Roads," karena memang berbasis rute-rute populer sepeda asli dunia. Ada rute datar kriterium seperti Canary Wharf (Inggris), 8bar (Jerman), atau Borrego Springs (Amerika). Ada pula tanjakan legendaris seperti Passo dello Stelvio (Italia) dan Mont Ventoux (Prancis).

Salah satu tanjakan di Mont Ventoux (Prancis)

Menurut Alex Serban, CEO dan founder RGT Cycling, pihaknya memang punya mimpi menjadikan aplikasi latihan mudah diakses banyak orang. "Teknologi bisa membantu kita semua jadi lebih fit, memberi kita cara baru untuk menikmati cycling. Semua orang harus punya akses untuk menggunakannya," ucapnya.

Yang seru, tentu kalau kita mau membayar biaya langganan bulanan ala Zwift. Ada opsi bernama "Magic Roads." Anda bisa memilih rute favorit di mana pun di dunia, lalu masukkan file GPX-nya ke aplikasi RGT. Dari situ, RGT akan menampilkan rute tersebut di layar.

Sebagai penggemar gowes di Indonesia, ini memberi opsi menarik. Misalnya untuk persiapan ikut Bromo KOM Challenge, 14 Maret 2020 mendatang. Tinggal cari file GPX Pasuruan ke Wonokitri di Strava, masukkan ke aplikasi RGT, dan voila! Rute Bromo bisa Anda pakai untuk latihan di dalam rumah!

Ya, dengan RGT Cycling, semua jalan di dunia bisa dibuatkan rute virtualnya. Mungkin tidak realistis gambarnya, tapi lekukan dan variasi kemiringannya semua bisa disimulasikan!

Mainsepeda.com sedang mendalami aplikasi baru ini. Hasil tes-nya akan diulas dalam waktu dekat ini! (mainsepeda)


COMMENTS