Jarak Bersepeda Russ Mantle Setara Perjalanan ke Bulan
by MainSepeda - November 18, 2019

Russ Mantle benar-benar luar biasa. Kakek 82 tahun ini telah bersepeda sejauh satu juta mil, atau sekitar 1,6 juta kilometer. Dengan jarak itu, Mantle sama dengan mengelilingi bumi sebanyak 40 kali. Kalau bisa bersepeda ke luar angkasa, maka jarak yang ditempuh Mantle sudah cukup untuk pergi-pulang ke Bulan.

Mantle berasal dari Aldershot, sebuah kota yang berjarak 51,2 kilometer dari London. Ia telah bersepeda sejak 1951. Mantle menempuh jarak rata-rata 23,6 ribu kilometer setiap tahunnya.

Kamis pekan lalu (7/11), ia menggenapkan perjalanannya menjadi satu juta mil di Canal Café di Mytchett, Hampshire, Inggris.

”Mil ber mil menumpuk secara alami karena saya sangat menikmati bersepeda,” kata Mantle seperti yang dilansir Cycling UK. ”Mencapai satu juta mil hanyalah tonggak sejarah lain. Mungkin, ketika usia 100 tahun, saya akan menghasilkan dua juta mil,” lanjutnya.

Tidak ada Strava, apalagi GPS. Mantle merekam perjalanan bersepedanya selama 68 tahun dalam sebuah buku harian. Selain berisi jarak tempuh, buku tersebut juga memuat kemenangan-kemenangan ya ia peroleh di berbagai kejuaraan bersepeda.

Mantle aktif membalap antara 1953 hingga 1975. Nomor andalannya adalah individual time trial (ITT). Setelah pensiun, ia menjadi leader di West Surrey CTC. Ia telah bersepeda berkeliling Inggris, Eropa, Amerika hingga Kanada.

”Ini adalah pencapaian luar biasa oleh seorang pria biasa yang melakukan sesuatu yang sangat luar biasa,” puji Direktur Cycling UK Nicola Marshall. Mantle akan terus bersepeda meski sudah berusia kakek kakek. Semoga, tidak hanya Bulan, jarak Mars pun bisa ditempuh nanti.(mainsepeda)

Foto-foto: Cycling UK


COMMENTS