Elia Viviani Rebut Gelar Juara Road Race Eropa
by MainSepeda - August 11, 2019

Sprinter Italia, Elia Viviani, kembali meraih gelar bergengsi. Dia adalah juara baru road race Eropa, setelah memenangi lomba sejauh 172,5 km di Alkmaar, Belanda, Minggu (11 Agustus).

Pembalap 30 tahun itu biasanya menang lewat bunch sprint alias adu peluru secara massal. Tapi, kali ini dia meraihnya dengan cara jauh lebih sulit untuk seorang sprinter: Melalui breakaway.

Tampil agresif sejak awal, Viviani selalu ikut rombongan pelarian yang memisahkan diri dari peloton. Pada akhirnya, pada bagian akhir lomba yang mengelilingi sirkuit kota sebanyak 11 kali itu, Viviani adalah satu dari tiga pembalap terakhir yang memisahkan diri di depan.

Dengan hanya 3 km tersisa, trio ini mulai saling menantang. Pada km terakhir, tinggal Viviani dan Yves Lampaert (Belgia) yang berada di depan. Saat ini, kemenangan sebenarnya sudah di tangan Viviani. Lampaert bukanlah tandingannya untuk adu sprint.

Benar saja, Viviani menang dengan mudah. Lampaert finis kedua, lalu Pascal Ackermann (Jerman) finis sendirian di belakang.

Menurut Viviani, Tim Italia mengubah taktik sebelum lomba. “Pagi ini kami ingin meraihnya lewat adu sprint. Tapi kemudian kami memilih membuat lomba berlangsung lebih berat,” ungkapnya usai finis.

“Kami melihat dari kategori lain, seperti U23 dan perempuan, lomba ini (jadi rumit) karena ada banyak tikungan, bagian berbatu, dan angin (kencang) yang bisa menjadi pembeda,” lanjutnya.

Strategi agresif ini berbuah hasil. “Ini adalah salah satu kemenangan terbaik saya, karena sangat beda dengan bunch sprint. Saya pernah memenangi kejuaraan nasional Italia dengan cara seperti ini,” tambah Viviani, yang juga pernah memenangi etape di semua grand tour. Yaitu Tour de France, Giro d’Italia, dan Vuelta a Espana.

Dengan hasil ini, Viviani selama setahun ke depan berhak mengenakan jersey khusus berwarna putih dengan akses biru berlambang Uni Eropa. (mainsepeda)

Hasil Kejuaraan Road Race Eropa (Men Elite)

1. Elia Viviani (Italia) 3:30:52

2. Yves Lampaert (Belgia) 0:00:01

3. Pascal Ackermann (Jerman) 0:00:08

4. Alexander Kristoff (Norwegia) 0:00:33

5. Michael Morkov (Denmark)

6. Sam Bennett (Irlandia)

7. Matteo Trentin (Italia)

8. Luka Mezgec (Slovenia)

9. Arnaud Demare (Prancis)

10. Rudiger Selig (Jerman)

Foto: Getty Images


COMMENTS