Sea Otter Classic di Monterey, California, terkenal dengan lomba-lombanya, mulai road hingga MTB. Terkenal dengan lokasinya di Laguna Seca Raceway, sebuah sirkuit balap yang pernah digunakan untuk Formula 1, IndyCar, dan MotoGP.

Sekarang, even yang sudah berlangsung sejak 1991 itu juga kondang dengan pamerannya. Ratusan produsen pasang tenda, memperkenalkan produk baru ke dunia. Dan yang keren-keren bukan hanya sepeda-sepeda barunya. Aksesori-aksesorinya pun seru. Berikut beberapa di antaranya.

BAN DALAM TUBOLITO

Tren ban sepeda mungkin menuju tubeless. Tapi bukan berarti ban dalam bakal ditinggalkan begitu saja. Kalau melihat di Sea Otter Classic, masih ada upaya pengembangan di bidang ini.

Tubolito misalnya. Memperkenalkan ban dalam baru yang diklaim lebih tahan bocor. Dan itu bukan selling point utamanya. Keunggulan utamanya adalah ban dalam ini bisa 100 gram lebih ringan dari ban dalam karet biasa!

Ban dalam Tubolito terbuat dari bahan membrane serupa dengan yang dipakai untuk speaker pada telepon seluler. Sangat ringan, sangat kuat, dan tetap lentur. Untuk ban dalam 29er, beratnya hanya 45 gram. Itu berarti 150 gram lebih ringan dari ban dalam karet serupa.

Sekilas, 150 gram mungkin tidak banyak. Tapi orang telah menghabiskan uang jutaan rupiah untuk komponen lain yang mungkin hanya 50 gram lebih ringan! Dengan mengganti ban dalam memakai Tubolito, sepasang roda bisa jadi lebih ringan hingga 300 gram!

PELINDUNG FRAME ORUCASE

Sebenarnya, pakai busa melingkar biasa sudah cukup. Untuk melindungi seluruh tubuh frame saat di-packing dan diajak traveling. Tapi dasar yang namanya cyclist, kalau ada yang lebih keren bisa dibeli, kenapa tidak beli?

Opsi pengganti busa tanpa biaya itu ditawarkan oleh Orucase. Mereka merilis padding kit. Ada busa pelindung untuk setiap bagian, masing-masing ditandai supaya tidak tertukar. Bisa untuk rim brake dan disc brake. Harga pengganti busa tanpa biaya ini? USD 130 per set.

BATCAGE DAUR ULANG

Merek komponen dan aksesori milik Trek, Bontrager, sudah sangat terkenal dengan Batcage-nya. Yaitu bottle cage dari kawat berbungkus plastik yang sangat kuat dan tangguh, dan murah. Di Sea Otter Classic, mereka merilis Batcage versi bahan daur ulang. Untuk itu, mereka berkolaborasi dengan Bureo, perusahaan yang mendaur ulang jala pancing untuk menghasilkan berbagai produk plastik.

RITCHEY BAR END SEKALIGUS TIRE LEVER

Lagi-lagi, tidak sah membahas even Amerika tanpa menyebut Ritchey. Perusahaan yang didirikan oleh Tom Ritchey ini sangat inovatif, peka terhadap kebutuhan sehari-hari cyclist. Mereka mempunyai sebuah produk kecil, murah, dan multifungsi. Yaitu bar end plug (tutup lubang handlebar), yang bisa berfungsi ganda sebagai cukit ban (tire lever).

POWER METER ANTI-MALING

Power meter sekarang sudah menjadi komponen wajib sebuah sepeda. Latihan kita diukur menggunakan watt, bukan speed atau rekaman detak jantung. Sekarang, perusahaan Kanada, 4iiii, merilis versi baru yang bisa berfungsi ganda sebagai komponen anti-maling.

Perusahaan 4iiii ini berkolaborasi dengan Chipolo. Pada setiap power meter-nya, dilengkapi fitur bike tracking. Jadi, kalau ada orang mencuri sepeda, kita bisa mengetahui di mana lokasinya.

Mulai 10 April ini, semua produk 4iiii akan dilengkapi fitur ini. “Di 4iiii, kami ingin terus menambah nilai bagi produk kami, jauh setelah dibeli oleh konsumen. Kami ingin investment orang terlindungi,” ucap Eric Gerstenbuher, managing director 4iiii. (mainsepeda)

 

 

 


COMMENTS